Lapindo Brantas Tingkatkan Perekonomian Desa Melalui Budidaya Hidroponik

Salah satu peserta pelatihan sedang mempraktekan penanaman sistem hidroponik. as

Sidoarjo Pos-“Dengan adanya pelatihan budidaya hidroponik seperti ini, kami berharap warga desa mampu mengembangkan terus dengan baik. Sehingga harapan kami untuk meningkatkan perekonomian desa bisa terwujud.”

Itulah harapan Comunity Development PR Lapindo Brantas Inc, Fifin Fithiani yang turut hadir di acara pelatihan, Sabtu(2/2/2019) di di Balai Desa Kalidawir, Kec. Tanggulangin, Sidoarjo.

Ia juga menjelaskan kalau kegiatan tersebut akan terus berlanjut, hingga panen hidroponik siap untuk dilakukan. “Jadi melalui program hidroponik yang dikerjakan oleh warga Kalidawir sendiri, semoga bermanfaat untuk warga dan pemuda desanya,” jelas Fifin_sapaan akrabnya.

Perlu diketahui bahwa pelatihan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan budidaya hidroponik Lapindo Brantas bersama Sidoarjo Positif, untuk beberapa desa di sekitar wilayah operasi Lapindo Brantas. Kegiatannya bertemakan ‘Seminar II, Pembibitan dan Perawatan Pra Panen Hidroponik’.

Pihak Lapindo juga menggandeng Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo sebagai pemateri, yaitu Afandi. Materi yang diberikan adalah memfokuskan pada praktek menata tanaman ke alat KIT Hidroponik, yang sebelumnya sudah dilakukan pembibitan. “Pada sesi pertama kami fokus di teori. Untuk sesi kedua ini kami berikan materi penanganan pada bibit pertama yang baru ditanam, agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sehat dan maksimal,” jelas Afandi.

Sementara Koordinator Sidoarjo Positif  Vanda Ika juga menambahkan kalau kegiatan seperti ini warga Desa Kalidawir dan sekitarnya dapat memanfaatkannya sebagai ajang belajar sekaligus berkonsultasi. Dengan memanfaatkan lahan terbatas, namun tetap bisa melakukan pertanian. “Saat mengikuti pelatihan, warga terlihat sangat antusias untuk mengembangkan potensi hidroponik. Makanya harapan  kedepan mereka dapat membudidayakan hidroponik dengan mudah dan murah di rumah,” tambah Vanda Ika.

Ketua PKK Kalidawir, Rina Handayani sangat mengapresiasi  kepada Lapindo Brantas yang telah memberikan ilmu yang manfaat. “Semoga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk ditanami hidroponik, dan semoga Lapindo semakin sukses, “ ujar Rina Handayani bersama Siti Rohilah. as

 

Komentar