Lazismu Jatim Beri Piagam Penghargaan SMP Muhammadiyah 1 dan SMAMDA Sidoarjo

Ketua Lazismu Jatim saat melihat kondisi hewan qurban/sapi seberat 1 ton. as

Sidoarjo Pos-Jelang Hari Raya Idul Adha dan sekaligus memperingati Milad Muhammadiyah ke-108, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodakoh Muhammadiyah (Lazismu) Jawa Timur, mempersiapkan sebanyak 12 ekor sapi/hewan qurban masing-masing berat 1 ton.

       Sebagai bentuk apresiasi, Lazismu Jawa Timur juga memberikan piagam penghargaan kepada SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA), karena telah menyediakan hewan qurban melalui Lazismu Jawa Timur.

       Proses penyerahan diberikan langsung oleh Ketua Lazismu Jatim drh. H Zainul Muslimin dengan didampingi Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur, H Sulthon Amien, Rabu(30/8/2017) di halaman Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidoarjo.

     Kepala SMAMDA Sidoarjo Dra. Wigatiningsih menuturkan, kalau pembelian hewan qurban/sapi sebarat 1 ton tersebut, merupakan salah satu program kerja SMAMDA Sidoarjo adalah Dakwah Terpadu.

      Kegiatan yang dilaksanakan setiap 9-10 Dzulhijjah ini, rangkaiannya nanti dikemas di luar sekolah, tepatnya di rumah warga desa yang minoritas warganya Muhammadiyah dan dekat dengan musholla. Di hari pertama dilaksanakan acara temu remaja dan kajian islam oleh pengurus IPM, dilanjutkan dengan buka puasa  bersama warga. “Malam harinya diadakan temu warga yang dikemas dalam bentuk serasehan di musholla atau balai desa,” tuturnya.

    Hari ke dua dilaksanakan sholat Iedul Adha di lapangan. Kemudian dilanjutkan penyembelihan hewan qurban bersama dengan warga. Tahun ini adalah tahun spesial. Panitia mengadakan hewan qurban berupa sapi seberat 1 ton lebih. Dakwah Terpadu SMAMDA adalah salah satu model kegiatan dengan  tujuan filantropi. “Sapi itu akan dibawa ke lokasi dakwah terpadu,” ujar Wigatiningsih.

       Tahun ini bertempat di desa Sawo Cangkring Wonoayu Sidoarjo. Selain ingin lebih dekat dengan masyarakat dan melatih siswa belajar bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, SMAMDA menerapkan perintah di surat Al Khautsar. Ikhlas berqurban dan gemar berbagi merupakan poin penting dari pembelian sapi 1 ton.

      Menurut pakar hewan, daging yang diperoleh dari sapi 1 ton akan lebih banyak timbangannya daripada 3 sapi standar dengan harga yang sama. Maka kami lebih memilih sapi yang beratnya 1 ton. “Hari ini diadakan launching sapi 1 ton tidak bermaksud riya’ tetapi bermaksud memberkan motivasi kepada yang lain untuk semangat berqurban,” pungkas Wigatiningsih. as

Komentar