LDKP SD Al Muslim 2021 Teladani Rosulullah, dan Dilakukan Secara Daring

Sidoarjopos-Kondisi pandemi Covid-19 telah memaksa para siswa untuk membatasi akitivitas di luar rumah. Bukan berarti siswa hanya diam di rumah tanpa melakukan apapun, tetapi dengan kecanggihan teknologi yang semakin pesat bisa melakukan kegiatan belajar dan berbagai akitivitas lain secara virtual.

Termasuk kegiatan LDKP (Latihan Dasar Kepemimpinan) oleh seluruh siswa kelas 5 SD Al Muslim Jatim, pada hari Jumat, tanggal 26 Maret 2021 tadi pagi. Prosesinya dimulai dengan pemutaran video kegiatan-kegiatan SD Al Muslim dilanjutkan dengan sambutan Kepala SD Al  Muslim, Ustadzah Fatimatuz Zahroh, S.Pd, M.Pd.

Ia menyampaikan ada banyak pribadi pemimpin yang dapat kita teladani, terutama Rosulullah SAW beserta para sahabatnya. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa dapat meneladani karakter Rosulullah SAW beserta para sahabatnya sebagai calon Sang Pemimpin dimasa yang akan datang. “Selain itu disampaikan beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki siswa yaitu keterampilan 4C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication),” sampainya.

WhatsApp Image 2021-03-26 at 15.11.34

Kondisi pelaksanaan LDKP kali ini melibatkan trainer dari luar, oleh kakak-kakak trainer Edelweiss. Seluruh siswa akan dibagi menjadi 10 kelompok, dan masing-masing kelompok akan menyelesaikan tantangan-tantangan yang dikemas dalam bentuk game/permainan.

Kegiatan dimulai dengan pembuatan yel-yel kelompok. Dengan aktivitas ini diharapkan siswa dapat saling mengenal dan berkomunikasi dengan sesama anggota kelompok. Kemudian masing-masing kelompok menampilkan yel-yel kelompoknya secara bergantian. Sesi berikutnya adalah kegiatan di 5 breakout room untuk memainkan game-game dengan dipandu trainer dari Edelweiss. Adapun game-game tersebut adalah,  Jigsaw Puzzle, Lucky Twin, Guess the Picture, Virtual Drawing dan Find The Difference serta  Quiz Session.

Setelah menyelesaikan seluruh game, siswa akan berdiskusi dengan kelompok masing-masing dan menunjuk salah satu anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil yang diperoleh selama kegiatan. Hal ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa serta mendorong siswa agar berani dan percaya diri untuk tampil dan mengemukakan pendapatnya.

Acara terakhir adalah pengumuman kelompok terbaik dan best participant. Serta polling kesan-kesan dari para siswa selama mengikuti kegiatan LDKP. Selanjutnya acara   ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustad Khoirot. “Semoga dengan meneladani karakter Rosulullah dan menguasai keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, siswa-siswa SD Al Muslim kelak akan menjadi pemimpin-pemimpin berkualitas yang Rahmatan lil’alamin. Aamiin,” pungkas ustad Khoirot. asgi

Komentar