Lesbumi Gelar Road Show Budaya Dengan Dewan Kesenian Sidoarjo

Suasana work shop yang telah berjalan dengan baik. as

Sidoarjo Pos-Pengurus Cabang Lembaga Seni dan Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) NU Sidoarjo menggelar Road Show Budaya di Kecamatan Sukodono. Prosesi kagiatannya dilaksanakan, pada (25/11/2017) pagi hingga malam di komplek Yayasan Pendidikan Maarif Hasyim Asy’ari Desa Bangsri Sukodono, Sidoarjo.

Ketua Cabang Lesbumi Sidoarjo Ainul Yaqin menjelaskan, kalau road show budaya tersebut merupakan program kerjasama bersama Dewan Kesenian Sidoarjo (Dakesda). Program itu juga yang pertama kalinya dilaksanakan bersama Dakesda. “Ini program kerja sama kita yang pertama dengan Dakesda. Tetapi akan ada kegiatan-kegiatan setelah  ini,” jelas Yaqin.

Menurutnya, dikarenakan Dakesda menjadi bagian dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo. Makanya road show budaya ini juga  diperuntukkan bagi para pelajar, pesertanya pun sekitar 100 pelajar dan mahasiswa. “Adapun tujuannya untuk menggali potensi seniman-seniman muda NU di sekolah, agar dapat mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia,” katanya.

Jadi, road show ini berisi workshop puisi dan teater yang dilaksanakan pagi hagi. Kemudian penggung kresasi seni dilaksanakan malam hari. Usai mengikuti workshop para peserta membuat karya untuk ditampilkan di panggung kreasi seni.

Sementara itu,  Ketua Dakesda Ali Aspandi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan itu menjadi bagian dari Dakesda, karena pihaknya merasa bahwa NU konsisten dalam menjaga budaya dan kearifan lokal nusantara. “Selain itu, NU juga menempatkan budaya sebagai media dakwah,” katanya. as

Komentar