LIPI Siap Menerima Kerjasama Dengan Masyarakat Dalam Pengembangan Teknologi

Humas LIPI Suhendra Mulya saat memberikan paparan di Balai Desa Semambung Kec. Wonoayu, Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos – Berita tentang pembuatan pupuk cair, POH (Pupuk Organik Hayati) yang diterapkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) di Desa Pademonegoro Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, pada (02/08/2016) lalu, mendapat berbagai tanggapan dari masyarakat, ada yang ingin mengetahui prosesnya, ada yang ingin belajar, bahkan ada yang ingin praktek langsung.

            Menanggapi hal tersebut Humas LIPI, Suhendra Mulya mempersilahkan kepada masyarakat untuk menghubungi Humas LIPI atau datang langsung ke LIPI yang ada di Yogyakarta. “Kami pihak LIPI sangat terbuka untuk masyarakat yang ingin bekerjasama untuk menerapkan program-program pengembangan teknologi pertanian, peternakan maupun program bidang energy,” katanya.

            Menurutnya, kalau mengembangkan potensi daerah untuk pengalengan, kita harus mencermati sekmen pasar terlebih dahulu. Jangan sampai kita mengembangkan pengalengan makanan tetapi pasarnya belum ada, tentu saja akan menyulitkan pemasaran, karena pengalengan itu juga ada batas waktunya. “Harus habis dalam waktu tertentu,” katanya.

            Ia mencontohkan, makanan khas Jogya, yakni gudeg. Makanan ini sekmen pasarnya sudah jelas, orang Indonesia maupun orang Indonesia yang ke luar negeri. Termasuk juga di Sumsel (Sumatra Selatan) yang mengedepankan ikan patin untuk dilakukan pengalengan, dan sekarang sudah berjalan dengan baik. “Sudah menjadi makanan khas daerah Sumsel dan siap dipasarkan ke daerah-daerah, muaupun luar negeri,” jelas Suhendra Mulya yang memberikan paparan POH di Balai Desa Semambung, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

Di Sidoarjo sendiri banyak makanan khas daerah, seperti ikan bandeng, udang maupun kupang. Seandainya makanan di Sidoarjo, bandeng, udang maupun kupang ini sudah mempunyai sekmen pasar tersendiri, masyarakat bisa mengikuti pelatihan di LIPI Yogyakarta.

            Kalau menurut saya, ada pertemuan khusus para UKM_UKM ikan badeng dan udang untuk melakukan pengenalan terlebih dahulu. Tetapi bila para UKM ini berminat, silahkan mengunjuni LIPI Yogyakarta. “Kalau hanya sekedar mengenalkan teknologinya terlebih dahulu kita juga siap untuk diundang,” ujar Suhendar Mulya. as

Komentar