Mantan Pemakai Narkoba Jangan Putus Asa Untuk Berbuat Baik Kepada Masyarakat

Sekitar 60 mantan pemakai narkoba, siap melangkah kedepan menata hidup, meninggalkan narkoba. as

Sidoarjo Pos-Upaya monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program rehabilitasi rawat jalan medis terhadap pengguna narkoba di kawasan Sidoarjo. Sekitar 60 mantan pengguna narkoba diberi kesempatan untuk menyampaikan harapan-harapan mereka, pasca menjalani rehabilitasi rawat jalan medis, serta menyampaikan saran kepada para pemangku kebijakan di Kabupaten Sidoarjo.

            Diantaranya kepada Wakil Bupati H Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua DPRD H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kepala BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto, Camat Krian, Kapolsek Krian, Danramil Krian, serta Direktur Klinik Prima Medika, DR. Tri Ratih Agustina selaku penggagas kegiatan yang dikemas dalam ‘Dialog Interaktif Klien Rehabilitasi Narkoba dengan Bupati Sidoarjo dan Ketua DPRD Sidoarjo’ pada (2/12/2016).

            Usai mendapat keluhan dan harapan para pemakai, Wakil  Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berpesan kepada para korban penyalagunaan Narkoba, baik yang sedang maupun yang usai direhabilitasi untuk tidak berkecil hati, apalagi putus asa saat kembali ke masyarakat dengan jalan yang benar. “Karena tidak ada kata terlambat untuk berubah, untuk berbuat kebaikan,” pesannya.

            Ia juga meminta kepada korban penyalagunaan Narkoba untuk kembali menata hidupnya. Kesempatan dan peluang meraih hidup yang lebih baik masih panjang. “Untuk itu mulai dari sekarang saya meminta kepada  mantan pengguna Narkoba untuk memasang tujuan hidupnya yang lebih baik lagi. Lebih berguna bagi masyakarat pada umumnya,” pinta Cak Nur_sapaan akrabnya.

            Begitu juga Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan juga mengatakan dengan kemauan yang kuat seseorang dapat berubah menjadi lebih baik. Seperti halnya mantan pengguna Narkoba yang harus mempunyai niat untuk berubah. “Harus berani, mau dan bisa menjadi orang yang bermanfaat adalah modal awal dari niat untuk berubah,” katanya.

       Pesan yang sama juga ditegaskan oleh Ketua BNN Kabupaten Sidoarjo AKBP Supriyanto,  kepada mantan pecandu Narkoba untuk kembali menyongsong masa depan. Ia meminta kepada mereka untuk tidak lagi menoleh kebelakang. “Biarlah masa lalu menjadi semangat untuk merubah hidup menjadi lebih baik,” katanya.

            Sedangkan, DR. Tri Ratih Agustina selaku penggagas dan pembina mantan pencandu narkoba melalui kliniknya ‘Prima Medika’ mengatakan untuk mengembalikan mereka butuh kesabaran. “Jadi, semua pihak diharapkan memberikan perhatian kepada kasus-kasus seperti ini,” harapnya. as

Komentar