Masyarakat Harus Cerdas Saat Membeli Makanan

Petugas mencatat beberapa jenis makanan berbahaya yang ditemukan. as

Sidoarjo, Dengan dibukannya perdagangan bebas atau yang dikenal dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), masyarakat dituntut harus lebih jeli, lebih cerdas dan lebih hati-hati dalam memilih makanan. Utamanya makanan ringan, krupuk yang banyak zat pewarna serta makanan jenis premen susu.

Kondisi tersebut terlihat saat rombongan Bupati, Wakil Bupati, Ketua Dewan beserta jajaran SKPD Sidoarjo terkait, melakukan Sidak Mamin (Makanan dan Minuman) disalah satu Mall di tengah Kota Sidoarjo, pada (22/06/2016) pagi.

Dari Sidak tersebut banyak ditemukan makanan ringan krupuk yang pewarnaanya cukup pekat, diduga kuat sangat mengandung zat kimia rhodamin. Juga makanan yang di sukai anak-anak jenis premen yang tanpa keterangan jelas, tanpa tanggal kedaluarsa, terutama premen susu produksi luar negeri.

Ketika petugas dari dinas kesehatan membuka premen tersebut, ternyata kondisinya sangat mengering dan mengeras. “Kalau premen susu kondisinya tidak mengeras, ini dimungkinkan banyak campuran, bahkan kedaluarsa,” jelas Endang Safitri dari dinas kesehatan yang mengecek langsung premen tersebut.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah juga menekankan kepada pemilik agar barang-barang, atau makanan yang kedaluarsa atau yang rusak agar ditarik saja. Jangan dijual karena sangat merugikan masyarakat. “Jadi masyarakat harus cerdas dalam membeli makanan, dicek dulu dan ditelili sebelum membeli,” ujarnya.

 Selain itu kalau mengandung zat kimia juga sangat membahayakan terhadap kesehatan manusia. “Oleh karena itu, saya berharap dicabut saja, jangan dijual kepada masyarakat luas,” harap Bupati Saiful Ilah. as

 

Komentar