Melalui Program IBK Mahasiswa FT UNMUH Sidoarjo Akan Gelar Hasil Karyanya

Mahasiswa FT Umsida saat mendapatkan pelatihan dan arahan berwirausaha baru. as

Sidoarjo Pos-Setelah mendapatkan beberapa kali pelatihan berwirausaha melalui program IBK (Iptek Bagi Kewirausahaan) dalam penerapan ‘Enterpreneurship Capacity Building’. Puluhan Mahasiswa  FT UMSIDA (Faktultas Teknik Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo) akan melakukan gelar hasil karyanya pada Minggu(23/10/2016).

            Dosen Tetap FT UMSIDA Wiwik Sulistyowati, ST MT saat ditemui di ruang Sekretariat IBK UMSIDA pada Jum’at (21/10/2016) sore menjelaskan kalau para mahasiswa yang akan menggelar hasil karyanya itu sebelumnya juga sudah mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari para professional kewirausahaan.

            Menurutnya, mahasiswa yang boleh diikutkan dalam program tersebut adalah mahasiswa semester tiga aktif, juga sudah mempunyai wirausaha mandiri. Bimbibingan sudah dimulai Bulan Juli 2016 hingga Oktober 2016 ini. Mulai penyusunan peluang usaha, inovasi pengembangan produk, desain produk, marketing, manajemen usaha hingga legalitas manajemen usahanya. “Bukan hanya itu, bahkan mereka juga melakukan magang di beberapa perusahaan yang layak sampai mengikuti bazar. Sebelum mereka dilepas dan diberikan beberapa bantuan untuk wirausaha mandari, kami masih  melakukan pendampingan sekitar tiga bulan,” jelas Wiwik Sulistyowati.

            Jadi, kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari program DIKTI (Dirjen Pendidikan Tinggi) Kementerian Pendidikan melalui pengajuan dari tim IBK UMSIDA yang bertemakan ‘Enterpreneurship Capacity Building’ itu.

            Metode pendekatannya melalui PALS (Participatory Action Learning System), yang dititik beratkan pada transformasi kegiatan yang telah diusahakan kepada arah kebaikan kondisi enterpreneurship mahasiswa, melalui tiga fase, yakni fase penyadaran kewirausahaan (awareness), fase kelembagaan usaha baru dan fase ketiga fase kelembagaan baru sebagai wirausaha baru.

            Adapun harapan dan target luaran dari program IBK ini adalah terciptanya wirausaha baru yang mandiri, ulet, tangguh dan kreatif. Adanya inkubator unit usaha yang dapat menghasilkan bagi UMSIDA itu sendiri. “Dan yang lebih penting lagi akan dihasilkannya 5 – 10 mahasiswa yang siap menjadi wirausaha baru setitap tahunnya,” pungkas Wiwik Sulistyowati. as

Komentar