Mendagri Serahkan Penghargaan Prestasi Kinerja Tertinggi Kepada Propinsi dan Kabupaten/Kota

Mendagri, Menkopolhukam, Gubernur Jatim dan Bupati Sidoarjo melihat pameran produk UMKM Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Pada peringatan Hari Otoda XXI yang diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo, juga diberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah atas Prestasi Kinerja Tertinggi oleh Mendagri RI, kepada 3 Propinsi, 10 Kabupaten dan 10 Kota di Indonesia.

       Ketia Propinsi tersebut adalah Propinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Propinsi Kalimantan Timur. Dalam kesempatan tersebut, juga ditetapkan 3 Propinsi sebagai nominasi prestasi kinerja tertinggi, ditandai dengan pemberian plakat serta piagam penghargaan. Diantaranya Propinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah  dan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

            Sedangkan 10 kabupaten yang meraih tropy serta piagam penghargaan atas prestasi kinerja tertinggi diantaranya Kabupaten Sidoarjo, Karanganyar, Kudus, Lamongan, Pinrang, Banyuwangi, Bantul, Probolinggo, Kuningan serta Kabupaten Pati. Untuk 10 kota di Indonesia yang meraih tropy serta piagam penghargaan atas prestasi kinerja tertinggi diantaranya Kota Makassar, Surabaya, Samarinda, Mojokerto, Gorontalo, Bandung, Depok, Banjar, Bontang dan Kota Sukabumi.

        Juga dilakukan pemberian plakat serta piagam penghargaan kepada 5 kabupaten dan 5 kota sebagai nominasi prestasi kinerja tertinggi. Diantaranya Kabupaten Bulukumba, Malang, Boyolali, Sidenreng Rappang, dan Kabupaten Kulon Progo. Untuk kota adalah Kota Ambon, Semarang, Surakarta, Pare-Pare dan Kota Kediri. Serta ada 6 propinsi, 10 kabupaten dan 10 kota di Indonesia mendapatkan tropy serta piagam penghargaan atas prestasi kinerja tertinggi. Yakni Propinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat.

      Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXI tahun 2017 tingkat nasional diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo, Selasa, (25/4/2017). Dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) R.I Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto SH serta Menteri Dalam Negeri R.I Tjahjo Kumolo. Kepala daerah dari berbagai wilayah di tanah air hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun Sidoarjo. Tidak kurang 2 ribu undangan memenuhi tempat duduk yang telah disediakan.

            Menko Polhukam R.I Jenderal TNI (Purn) H. Wiranto mengatakan pemerintah propinsi memiliki peran penting dalam mengkoordinasikan seluruh proses pengelolaan pembangunan di daerahnya. Oleh karena itu, Ia tegaskan kalau Presiden R.I meminta kepada para gubernur untuk berkoordinasi secara efektif kepada bupati dan walikota yang ada. Tujuannya agar terwujud sinergi pembangunan sebagai prasyarat keberhasilan pembangunan daerah. “Sebagai bentuk apresiasi terhadap suatu keberhasilan pembangunan suatu daerah, pemerintah pusat memberikan penghargaan-penghargaan. Penghargaan tersebut diberikan kepada pimpinan daerah yang telah sukses melaksanakan kinerjanya sesuai dengan arahan pemerintah pusat,” tegas Wiranto.as

Komentar