Mengenang Jasa Pahlawan Komunitas Sepeda Onthel Ekspedisi Anyer-Panarukan

Para komunitas sepeda onthel yang siap menempuh Anyer-Panarukan. as

Sidoarjo Pos-Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. KOSTI (Komunitas Sepeda Onthel Seluruh Indonesia) Cabang Sidoarjo, akan menelusuri Jalan Raya Daendles sepanjang 1.000 kilometer mulai dari Anyer sampai Panarukan.

Prosesi pemberangkatannya dilakukan secara simbolis oleh Ketua FORMI Sidoarjo MG Hadi Sutjipto, dari depan Stadion Gelora Delta  Sidoarjo, Minggu (23/10/2016) pagi. Rombongan natinya akan melewati 15 kota, diantaranya Anyer, Jakarta, Bandung, Sumedang, Cirebon, Tegal, Semarang, Demak, Lasem, Tuban, Gresik, Surabaya, Pasuruan, Probolinggo, dan finish di Panarukan.

Ketua panitia penyelenggara Ari Bayasti mengatakan kegiatan ekspedisi sepeda onthel ini untuk mengenang pahlawan pembuat Jalan Raya Deandles. Selain itu, dengan kegiatan ini kami juga akan bersilaturohim dengan komunitas sepeda onthel diseluruh Indonesia. Karena dalam perjalanan nanti akan diikuti ratusan komunitas sepeda onthel dari berbagai kota.”Kami akan menumpuh perjalanan sekitar 1.000 kilometer, dari Anyer hingga Panarukan melewati 15 kota, mulai dari tanggal 28 Oktober samapai 10 November 2016,” katanya.

Peserta ekspedisi sepeda onthel rata-rata sudah usia langjut, namun masih mempunyai semangat yang luar biasa. Salah satunya Syahroni  Sukamto usai 68 tahun, mengaku siap untuk menempuh perjalanan jauh, karena sudah latihan setiap hari, menempuh jarak sekitar 30 hingga 40 km. “Kami siap mengikuti jejak pahlawan pembuat Jalan Deandles,” kata Sukamto. as

Komentar