Menkeu Merelease Dugaan Pembuatan Cukai Palsu Yang Merugikan Negara Rp 4 M

Menkeu Sri Mulyani memeriksa salah satu barang bukti. as

Sidoarjo Pos-Dari hasil penindakan Dirjend Bea dan Cukai Jatim I Juanda telah berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa, 3 unit mesin hands press untuk memasang hologram, 12 rim pita cukai yang diduga palsu tahun 2016, 3 bendel pita cukai palsu tahun 2015 dan 62 lembar plat printing serta 3 rol foil hologram. Total kerugian Negara sektiar Rp 4,5 milyar.

Hasil penindakan tersebut telah di release langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, Jum at(28/10/2016) di Kantor DJBC Jatim I Juanda, Sidoarjo. Selain barang bukti, telah diamankan juga seorang tersangka berinisial S, pelaku pembuatan pita cukai palsu di sebuah percetakan Jalan Embong Malang, Kebangsren Gg I Surabaya.

”Setelah mendengar informasi dari masyarakat dan hasil analisis, petugas DJBC Jatim I berhasil mengamankan salah satu tersangka pembuat pita cukai palsu,” terang Menkeu Sri Mulyani Indrawati.

Ia menegaskan, kalau kegiatan yang dilakukan S dengan mencetak lembaran pita cukai palsu tersebut telah merugikan negara senilai Rp  4.509.335.719,-. “Dari perbuatan tersebut, tersangkat dijerat  dengan pasal 55 huruf a UU No.11 tahun 1999 diubah dengan UU No.39 tahun 2007 tentang Cukai,” tegas Sri Mulyani. as

Komentar