Menteri PANRB dan Kapolri Resmikan 7 Layanan Publik Kepolisian Berbasis IT

Menpan, Kapolri dan Gubernur Jatim serta Bupati Sidoarjo sepaakat meningkatkan layanan publik. as

Sidoarjo Pos-Prioritas utama yang diperintahkan oleh Presiden RI selain pemberantasan terhadap narkoba, teroris, juga peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Peningkatan pelayanan publik secara menyerluruh.

Oleh karena itu dalam rangka memberikan layanan masyarakat yang lebih maksimal. Jajaran Polda Jatim memberikan terobosan inovasi layanan publik. Pemerintah terus mendorong inovasi pelayanan publik lebih digelorakan, utamanya layanan publik di segenap jajaran Kepolisian.

Itulah penegasan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur bersama Kapolri Jenderal Polisi Drs M Tito Karnavian MA Ph D, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Anton Setiadji dan Kapolres Sidoarjo Muhammad Anwar Nasir, serta Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin saat meresmikan tujuh inovasi pelayanan publik di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, bertempat di Mapolres Sidoarjo, (1/9/2016).

Ketujuh inovasi pelayanan publik di lingkungan Polda Jatim tersebut, diantaranya SKCK Online dan SKCK Keliling Online di Polres Sidoarjo, Go Sigap pelayanan publik terintegrasi berbasisi IT di Polres Gresik, We Are Ready (WAR) kentongan online berbasis android di Polres Jember, Panic Button On Hand, aplikasi pelaporan tindak kriminalitas berbasis android di Polres Malang, Sistem operasional terpadu online (SOTO) Polres Lamongan, Crime Alarm Sistem aplikasi pelaporan berbasis android Polres Bojonegoro dan Sistem siaga bumi wali (Sigi) informasi pelayanan pengaduan berbasis android Polres Tuban.

Kapolri Tito Karnavian sangat memberikan apresiasi atas ide-ide kreatif yang telah dilakukan jajaran Kepolisian di lingkungan Jawa Timur, dalam memberikan layanan masyarakat berbasis IT. Ia juga berharap kalau layanan berbasis IT akan mengurangi kreminalitas. “Jadi layanan publik ini merupakan atensi utama yang harus kitas lakukan,” tegasnya.

Menurut Menpan,  layanan publik yang dilakukan oleh pemerintah saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Layanan publik yang dibangun merupakan solusi untuk melakukan terobosan,  mengimplementasikan pemikiran kreatif dalam memenuhi harapan masyarakat.

Berbagai inovasi yang diresmikan ini merupakan bukti keras dan kesungguhan jajaran kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Jadi, sudah sejalan dengan amanah Presiden RI, bahwa pemerintah tidak ingin lagi mendengar keluhan masyarakat akibat pelayanan publik yang berbelit-belit. Apalagi menyusahkan masyaeakat,” tegas Asman Abnur.

Ia berpesan, aga berbagai inovasi layanan publik yang telah diresmikan dapat diterapkan seluruh Indonesia sesuai dengan kapasitas masing-masing wilayahnya. “Nantinya diharapkan seluruh wilayah NKRI merasakan pelayanan yang sama dan semakin berkualitas,” harapnya.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo juga menegaskan dalam peningakatan pelayanan publik harus melibatkan masyarakat. “Jadi kalau ingin meningkatkan pelayanan masyarakat dengan baik, maka masyarakat juga harus dilibatkan,” jelas Soekarwo. as

Komentar