Meski Puasa Posyandu Tetap Jalan

Kantor Kelurahan Lemah Putro ramai dipadati ibu dan anak saat Posyandu.as

Sidoarjo, Meski menjalankan ibadah puasa pelayanan Posyandu tetap berjalan. Para petugas bersama puluhan warga yang memerlukan pantauan kesehatan, dan pemberikan gizi serta imunisasi bagi anak-anaknya berjalan sebagai mana mestinya.

            Kondisi tersebut terlihat kegiatan Posyandu di Kelurahan Lemah Putro Sidoarjo, pada(14/06/2016). Mereka melakukan kegiatan ‘Rumpi Sehat’, program Baduta (Bawah Dua Tahun) dalam intervensi perubahan perilaku anak.

Kepala Puskesmas Kecamatan Sidoarjo Kota, dr. Muhammad Atto’illah menjelaskan tentang permasalahan makanan pada Bumil (Ibu Hamil) dan Baduta. Dengan konsep pemberdayaan pada masyarakat lokal melalui kader Posyandu dilakukan intervensi untuk merubah pengetahuan, meretas mitos dan mendorong untuk penerapan ASI eksklusif bayi 0-6 bulan. Termasuk juga mengenai makan yang bervariasi, menghindari jajanan tidak sehat dan penambahan makanan tinggi zat besi dari hewani (ati, telur, ikan).

Kegiatan tersebut dilakukan mulai penguatan kapasitas, pelibatan stakeholder lokal hingga DPRD,serta mempromosikan metode EMO-DEMO sebagai proses pemberian informasi. “Metode dengan permainan dan bukan dengan penyuluhan, sebagai upaya menyentuh afeksi lebih dahulu dibandingkan kognitif,” jelas Atto’illah.as

Komentar