Mulai November 2016 PDAM ‘Delta Tirta’ Sidoarjo Realisasikan 3.393 SR Baru

Suasana pertemuan penambahan SR, Pjs Dirut PDAM dengan Pengurus REI Jatim 3/11/2016 lalu. as

Sidoarjo Pos-PDAM ‘Delta Tirta’ Sidoarjo terus berupaya memenuhi ketersediaan air bersih di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Kali ini, PDAM telah menambah 3.393 Sambungan Rumah (SR) baru yang tersebar di 26 perumahan di Sidoarjo.  Pemasangan SR mulai dikerjakan awal Nopember 2016 ini dan akhir tahun diharapkan bisa rampung.

        Sebagai persiapan akhir, jajaran Pjs Direksi PDAM Delta Tirta menggelar rapat koordinasi dengan pengurus Real Estat Indonesia (REI) Sidoarjo dan REI Jatim, di Kantor Pemkab Sidoarjo, . “Mulai bulan ini (November 2016), PDAM akan memasang 3.393 SR baru yang tersebar di 26 perumahan,” ujar Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta, H Nur Ahmad Syaifuddin, usai rapat koordinasi.

         Ia menjelaskan, sebenarnya pengajuan pemasangan SR baru yang masuk, berasal dari 60 pengembang perumahan. Namun sementara ini, berdasarkan kapasitas air baku yang dimiliki, tahun ini PDAM baru bisa memenuhi dan merealisasikan pada 26 perumahan. “Penambahan SR baru ini kami sesuaikan dengan stok air baku yang kami miliki,” tutur Nur Ahmad, yang juga Wabup Sidoarjo.

         Penambahan SR baru ini, berbeda dengan sebelumnya. Sebab biaya pemasangan pipa jaringan SR bakal ditanggung pengembang perumahan. PDAM sebatas sebagai supervisor saat proyek berlangsung. Namun begitu, nantinya pemasangan SR rampung, maka bakal dihibahkan oleh pengembang ke Pemkab Sidoarjo. “Selanjutnya, Pemkab bakal menghibahkan ke PDAM, sebagai penyertaan modal,” terang Cak Nur, panggilan karib H Nur Ahmad Syaifuddin.

           Dengan mekanisme itu, PDAM berharap proses penambahan SR berjalan lancar dan transparan. “Biar tidak ada pegawai PDAM yang merangkap jadi pemborong (pemasangan SR),” tegas Cak Nur.

          Pihaknya juga berharap kalau terobosan ini mampu memenuhi harapan pengembang perumahan yang sudah lama menanti adanya realisasi SR bagi warga perumahan. “Jadi penambahan SR ini merupakan bentuk layanan kami kepada masyarakat,” pungkas Cak Nur.

          Sementara, Wakil Ketua DPD REI Jatim, Sony Wibisono menyambut positif kebijakan PDAM merealisasikan SR baru pada 26 perumahan di Sidoarjo. Pihaknya optimistis, sistem baru pemasangan SR yang bekerjasama dengan pengembang ini, bakal membawa kemajuan dalam dunia properti di Sidoarjo. Selain Sony, hadir dalam rakor ini, Ketua REI Komisariat Sidoarjo Susilo Effendi. as

Komentar