Ny. Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid Ajak Masyarakat Padamkan Api Kebencian dan Hoaks

Sidoarjo Pos-Bersamaan dengan adanya bulan puasa ini sangat bagus sekali kalau masyarakat menghilangkan rasa kebencian sesama. Termasuk berita-beritahoaks yang yang tidak menyejukan.
“Mari kita padamkan api kebencian dan hoaks, agar kita semua bisa menikmati kesejukan dan kedamaian di negeri tercinta Indonesia, ” itulah ajakan Ny. Shinta Nuriyah istri mantan Presiden RI Abdurrahaman Wahid (Gus Dur), saat menghadiri acara buka bersama Gusdurian Sidoarjo, di Umaha Ngelom Taman, Sidoarjo, (31/5/2019).
Ia tegaskan, dalam berpuasa kita semua harus bisa menghentikan ujaran kebencian. Saya ini anak bangsa Indonesia, saya tinggal di Indonesia. Makanya saya sudah melakukan seperti ini selama 20 tahun. “Sebenarnya kalau saya sendiri lebih senang mengajak warga berbuat baik itu pada saat saur bersama dari pada buka bersama, ” katanya.
Ia jelaskan, tujuan berbuka untuk membatalkan puasa, tujuan saur adalah mengajak melaksanakan puasa. Karena sudah banyak sekali orang yang menyelenggarakan buka bersama.”Makanya saya lebih senang mengajak saur bersama dengan kaum duafa, kaum marginal serta anak-anak yang kurang mampu, “katanya.
Sementara mengapa tema ‘Dengan Berpuasa Kita Padamkan Api Kebencia dan Hoaks’, dipilih, menurut Koordinator Gusdurian Sidoarjo Haedar Wahyu mengatakan kalau kondisi sekarang ini masih perlunya kesamaan dalam keberagaman. Makanya kehadiran Ibu Shinta Nuriyah ini sangat bisa menyatukan dan menghidupkan keberagaman. Kami mengundang lintas organisasi, lintas ormas dan lintas agama.
“Jadi tema ini sangat relevansi dengan kondisi bangsa ini, makanya harapan saya dengan berpuasa kita padamkan api kebencian dan hoaks. Dalam bulan suci ini jangan dinodai kebencian, apalagi hoaks, ” harapnya.
Acara diakhiri dengan Deklarasi Linta Pemuda Wilayah Taman Sidoarjo. “,Tujuannya meneruskan perjuangkan Gus Dur, mendamaikan, mempersatukan keberagaman yang ada di negara kita, ” pungkas Haedar. as

Komentar