Papringan Alas Prambon, Melestarikan Ekosistem Hutan Bambu Hingga Pangan Tradisional

Warga sedang menikmati kuliner dan Jajanan Tempoe Doeloe. usi

Sidoarjo Pos _ Era globalisasi masyarakat selalu disuguhi aneka jenis makanan dan minuman kekinian yang semakin marak karena modernisasi.

Makanan dan minuman tersebut, tentunya sedikit demi sedikit akan mendominasi beredarnya pangan tradisional warisan leluhur. Tak hanya di jumpai pada daerah perkotaan semata, melainkan sampai sekarang ekpansinya sudah merata hingga kepelosok pedesaan.

Bertempat di Dusun Ngingas, Desa Simpang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, terdapat tempat untuk bersantai ria yakni Papringan ALAS Prambon. Salah satu inovasi baru yang dihadirkan oleh ALAS Outbound Sidoarjo. Masyarakat juga dapat mengikutinya atau sekedar mencari informasi bisa membuka instagram @alas_outbound_sidoarjo. Terlebih sudah dulu dikenal sebagai tempat bagi pengunjung yang ingin mengadakan berbagai kegiatan menarik seperti outbound, LDKMM, family gathering dan masih banyak lainnya. Dikelilingi oleh hutan bambu yang rimbun menjadi salah satu destinasi wisata kuliner dengan konsep venue yang akan membawa pengunjung tak hanya pada keotentikan panganan jadulnya saja, juga suasana pedesaan yang asri.

“Tempat ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan eksistensi pangan tradisional dan mampu meningkatkan potensi ekonomi kreatif bagi masyarakat desa” tegas Supriyo, owner dari Parpingan ALAS Prambon.

Dia mengatakan wisata kuliner yang ada di Sidoarjo barat ini hanya buka setiap hari minggu saja mulai dari jam 8 pagi hingga jam 12 siang. Tempat ini menjajakan beberapa makanan khas tempoe doeloe seperti Sego Empok, Sego Lento, Lontong Mie, Horog-Horog, Tiwul, Gatot, Wedang Uwung, Es Dawet Jowo dan masih banyak yang lainnya. Uniknya ketika memasuki wilayah tersebut kita wajib menukarkan uang rupiah dengan alat pembelian yang berlaku di Papringan ALAS Prambon. Berupa kepingan bamboo yang disediakan oleh pihak manajemen. Hiruk pikuknya aktivitas sehari – hari pada weekdays menjadikan rada penat dan tempat ini dapat menjadi salah satu alternative destinasi refreshing pada weekend di sekitar kota Sidoarjo. Selamat berkunjung, Selamat mencoba,” ucap Supriyo. usi

Komentar