Pastikan KIS Telah Diterima, BPJS Kesehatan Sidoarjo Lakukan Peninjauan Langsung

Petugas Spot Check BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo dengan salah satu warga penerima KIS. ist

Sidoarjo Pos-BPJS Kesehatan tanpa henti-hentinya terus berupaya mencapai target Universal Health Coverage 2019.  Tidak hanya dengan menambah jumlah peserta, tapi juga dengan cara meningkatkan kepuasan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Salah satu cara untuk mencapai kepuasan peserta adalah dengan memastikan seluruh peserta JKN-KIS telah menerima kartu identitas peserta atau Kartu Indonesia Sehat (KIS), sehingga peserta dapat mendapatkan hak nya ketika berobat di fasilitas kesehatan.

Untuk memastikan KIS telah diterima, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo melakukan kegiatan peninjauan langsung atau Spot Check ke masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang telah didaftarkan oleh Pemerintah Pusat. Tidak hanya itu, BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo juga melakukan pencocokan data kepesertaan dan memberikan sosialisasi secara langsung kepada penerima KIS agar dapat menggunakan hak nya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kegiatan spot check ini kami lakukan seminggu 3 kali secara bergiliran dengan jumlah total tim yang diterjunkan sebanyak 6 tim,” jelas Dian Yusuf Arinantyo Staf Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo saat berjukunjung di rumah salah satu penerima KIS, tanggal 4 Oktober 2019.

Kegiatan Spot Check akan dilakukan sampai dengan 21 November 2018 dengan wilayah kunjungan seluruh Kabupaten Sidoarjo.

Dari spot check yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa peserta telah menerima  KIS atas namanya dan telah dapat menggunakan sesuai dengan hak nya. “Kendala yang ada diantaranya peserta telah pindah rumah atau peserta telah meninggal. Untuk peserta yang telah meninggal dunia akan kami lakukan konfirmasi lebih lanjut, jika memang harus di non aktif kan akan kami non aktif kan,” jelas Dian.

Ketika dikunjungi oleh tim Spot Check BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, salah satu peserta JKN-KIS, Titin dari Kecamatan Sukodono mengatakan telah menerima KIS. “Kartu saya sudah lama dapat, sudah pernah saya pakai juga di Puskesmas Sukodono. Pelayanan yang saya dapatkan juga baik-baik saja,” jelasnya.

Ditemui di ruang kerjanya, Sri Mugi Rahayu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo menjelaskan bahwa salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2018 adalah meningkatkan kepuasan peserta. “Harapan kami jika memang peserta telah menerima KIS nya dan tahu cara menggunakan dengan benar, tidak akan ada lagi penolakan peserta dengan alasan tidak sesuai prosedur. Sehingga masyarakat Kabupaten Sidoarjo akan merasa puas dan bangga menjadi peserta JKN-KIS,” jelas Bu Chichi_sapaan akrabnya. as

 

Komentar