Pelajar SMA/SMK Dikenalkan Pendidikan Politik Melalui Program ‘Wisata Parlemen’

Sidoarjo Pos-Kurang pahamnya para pelajar SMA/SMK sederajat tentang tugas dan kewenangan wakil rakyat yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyak Daerah (DPRD) Sidoarjo.

Mendorong Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo bersama DPRD Sidoarjo mengadakan program Wisata Parlemen. Yakni para siswa SMA akan diajak berkunjung ke Gedung DPRD Sidoarjo, yang terletak di Jalan Sultan Agung Nomor 39, Kota Sidoarjo, melihat langsung sejumlah ruangan-ruang kinerja dewan

Misalnya, ruang Komisi dan ruang Fraksi, para siswa ini diberi kesempatan untuk menjadi peninjau dalam rapat Paripurna dan rapat Panitia Khusus (Pansus). Program Wisata Parlemen ini rencananya akan dimulai bulan September ini. Launching program Wisata Parlemen telah ditandai dengan ditekennya nota kesepahaman antara Karang Taruna Sidoarjo, Dinas Pendidikan dan DPRD, di ruang Paripurna Gedung DPRD Sidoarjo, Kamis (1/9/2016), yang dihadiri para kepala SMA dan SMK, baik negeri maupun swasta.

Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan mengatakan kalau pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. “Kami menyambut baik kegiatan semacam ini. Pendidikan politik semacam ini penting. Melalui Wisata Parlemen, para siswa bisa belajar langsung mengenai tugas kedewanan dan sejumlah pengetahuan praktis mengenai politik,” kata politisi PKB ini.

Ia juga bercerita mengenai gagasan e-Parlemen, sebuah program DPRD Sidoarjo yang bertujuan ‘mendekatkan’ wakil rakyat dengan masyarakat melalui teknologi informasi (IT). “Jika Wisata Parlemen satu-satunya di Indonesia, kami juga memiliki e-Parlemen yang kami harapkan juga satu-satunya di Indonesia,” ungkap Gus Wawan sapaan akrabnya.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Sidoarjo Imam Syafi’i menjelaskan, Wisata Parlemen akan memfasilitasi para siswa SMA belajar langsung dengan mengunjungi kompleks Gedung DPRD Sidoarjo. “Siswa juga diberi kesempatan berdialog dengan anggota dewan,” katanya.

Menurutnya, Wisata Parlemen ini dijadwalkan berlangsung sebulan sekali. Pesertanya bergiliran dari beberapa SMA. “Program Wisata Parlemen ini diharapkan menjadi bagian dari upaya pendidikan politik, khususnya kaum muda, yang juga diharapkan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih pemula,” harap Imam Syafi’i. as

 

Komentar