Pemkab Ingatkan Warganya, Bawa Identitas Saat Bepergian Itu Sangat Penting

Kedua remaja Dusun Sono Buduran membayar denda yustisi, dan mengaku gaget ada operasi KTP. as

Sidoarjo Pos-Untuk mendisiplinkan masyarakat, agar lebih rajin membawa identitas, Pemkab Sidoarjo melalui Satpol PP dan Dispenduk Capil Kabupaten Sidoarjo terus-menerus melakukan operasi Yustisi E-KTP di sejumlah tempat secara bergantian. Bertujuan mengingatkan masyarakat agar rajin membawa identitas saat bepergian.

Meskipun sudah berulang kali dilakukan, rupanya masih banyak warga Sidoarjo yang tak jera. Masih banyak yang tidak membawa atau lupa bahkan tidak mempunyai identitas diri. Oleh karena itu, warga yang terkena operasi disanksi sesuai Perda Nomor 2 tahun 2015 tentang Adminitrasi Kependudukan dengan denda maksimal Rp 50 ribu.

Hal tersebut ditegaskan Hari Sucahyono SH M.Si, (8/9/2016) bahwa tujuan operasi yustisi E-KTP ini bukan semata untuk mencari pelanggar, tapi kegiatan itu sebagai pembinaan dan efek jera. “Agar masyarakat membawa identitas diri saat bepergian itu sangatlah penting,” jelas Hari Sucahyono dari Sat Pol PP yang memimpin operasi di Jl. Jenggolo Buduran, Sidoarjo.

Dalam operasi tersebut  petugas merazia pengguna motor yang lewat jalan Jl Jenggolo, kemudian ditanya kepemilikan E-KTP nya. Tidak hanya pada warga Kab Sidoarjo saja, tapi juga semua warga luar Sidoarjo yang kebetulan melintas di tempat itu.”Jenis pelanggarannya banyak, lupa tidak membawa dan tidak punya karena belum mengurus,”katanya.as

Komentar