Pemkab Sediakan 25 Bus Mudik Gratis

Sidoarjo, Pemkab Sidoarjo berencana mengadakan program mudik gratis kepada warganya. Ada sekitar 25 bus nantinya yang akan dilibatkan untuk mengantar warga Sidoarjo ke berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur. “Jadi program mudik gratis pasti ada, seperti tahun-tahun yang lalu,” ujar Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah saat ditemui, pada(2/6/2016).

            Meski begitu, pihaknya mengaku masih belum bisa menjelaskan secara detail rencana mudik gratis tersebut. “Pokoknya harus ada. Tunggu saja nanti,” katanya.

            Sementara, Kabid Pengendalian dan keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Sigit Hariyadi mengatakan untuk tahun ini, pemerintah Sidoarjo hanya menyediakan 25 bus. “15 bus dari Pemkab, dan 10 dibantu oleh Dishub Provinsi,” katanya.

            Jumlah yang disediakan pemerintah itu saat ini sama ketika tahun lalu juga mengadakan mudik gratis. Pada pelaksanaannya, program mudik gratis ini hanya menyediakan pada saat pemberangkatan saja. Sedangkan arus balik, warga yang sedang mudik dikampung halaman diminta untuk menghubungi dinas perhubungan setempat.  “Memang ada sebagian Dishub yang menyediakan arus balik. Tapi di Sidoarjo hanya menyediakan pemberangkatannya saja,” ujarnya.

            Menurutnya, pemberangkatan akan ditujukan ke berbagai daerah/Kota yang ada di wilayah Jawa Timur. Diantaranya, Sidoarjo – Banyuwangi, Jember, Sampang, Tulungagung, Trenggalek, Blitar. Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, Malang, dan sekitarnya.as

Komentar