Pemkab Sidoarjo Dukung Gebyar Prolanis Yang Diikuti Sekitar 3.990 Peserta

Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin berdisikusi dengan Kepala BPJS Kesehatan Dwi Hesti Y beserta jajarannya. as

Sidoarjo Pos-Program peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) terus digencarkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo. Diantaranya dengan menggelar ‘Gebyar Prolanis’ yang mendapat dukungan langsung dari Pemkab Sidoarjo.

      Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH yang membuka Gebyar Prolanis’ memberikan dukungannya secara langsung. Karena gerakan Prolanis ini membuat masyarakat bisa hidup lebih sehat. Oleh karena itu, saya berharap masyarakat juga harus menjadi penserta BPJS Kesehatan. Agar lebih mudah, lebih ringan dan lebih gampang untuk melakukan kontrol kesehatan sewaktu-waktu.

      Jadi Pemkab Sidoarjo sangat mendukung gerakan Gebyar Prolanis seperti ini, karena sebagai promosi pola hidup sehat yang digelar oleh BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo ini. “Dilain pihak jangan sampai ada pelayanan rumah sakit atau FKTP yang membedakan pelayanan. Baik itu melalui BPJS Kesehatan maupun umum, karena pada dasarnya tidak semua orang menginginkan sakit,” harap Cak Nur_sapaan akrabnya, Sabtu (20/5/2017) di Gedung Serbaguna GOR Sidoarjo tadi pagi.

      Kepala Cabang BPJS Kesehatan Sidoarjo dr. Dwi Hesti Yuniarti menjelaskan kalau Prolanis ini merupakan sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif terhadap peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis, seperti diabetes mellitus dan hipertensi. Melalui Gebyar Prolanis ini kami ingin mempromosikan betapa murahnya dan mudahnya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cukup dengan melakukan senam setiap pagi, kita sudah meningkatkan kebugaran dan sistem imun kiga. “Sehingga kita tidak mudah sakit,” jelas Dwi Hesti Yuniarti.

        Dengan kesadaran untuk berperilaku hidup sehat setiap hari, diharapkan jumlah peserta JKN-KIS akan menurun. Sehingga pembiayaan pelayanan kesehatan dapat dialokasikan ke program promotif, preventif untuk menjaga masyarakat yang sehat, dan tetap sehat sesuai harapan pemerintah,” harap Dwi Hesti Yuniarti.

         Sementara Gebyar Prolanis ini dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian kegiatan, seperti senam Prolanis, edukasi kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan penunjang gratis bagi peserta Prolanis, Cerdas Cermat antar Club Prolanis, Best Practice Sharing, serta beragam kegiatan menarik lainnya.

       Adapun sasaran kegiatan tersebut meliputi 129 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 114 Klub Prolanis dan 3.990 peserta Prolanis. “Hingga April 2017 ini, tercatat sudah sekitar 3.405 peserta Prolanis Diabetes Millitus dan 585 peserta Prolanis Hipertensi,” pungkas Dwi Hesti Yuniarti usai mendampingi Wakil Bupati Sidoarjo. as

Komentar