Pemkab Sidoarjo Kuncurkan Rp 23 M Dana Blockgrant Untuk Pendidikan

Bupati berikan penghargaan kepada pelaksanan BG pendidikan terbaik. as

Sidoarjo Pos-Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali mengucurkan hibah dana pembangunan partisipasif (Blockgrant) kepada warganya. Anggaran sebesar Rp 23,023 miliar tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah kepada perwakilan tiap desa di Pendopo Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo, Selasa (23/08/2016).

Berbeda dengan Blockgrant pada tahun 2015 sebelumnya. Tahun ini, hibah dana pembangunan partisipasif tidak diberikan kepada kelompok masyarakat di desa atau kelurahan. Melainkan, lebih difokuskan kepada dunia pendidikan, baik formal maupun non formal.

Dalam sambutannya, Abah Saiful, sapaan akrab Bupati Sidoarjo itu mengatakan bahwa hibah dana pembangunan partisipasif yang diberikan pemerintah diharapkan bisa terus meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya lembaga pendidikan swasta di seluruh daerah di Sidoarjo.

Blockgrant sengaja diberikan pemerintah dengan melihat tingkat partisipasi dari masyarakat. Yang artinya, hibah dana baru bisa dikucurkan jika telah ada peran serta masyarakat di lingkungannya. “Kalau sudah ada partisipasi dari masyarakat, baru pemerintah akan menambahkan. Misal, masyarakat punya dana berapa, Pemkab tinggal sisanya,” ujarnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPM PKB) Siodarjo Drs Ec M Ali Imron menjelaskan kalau penerima blockgrant pada 2016 kali ini diantaranya 40 Pondok Pesantren yang mendapatkan bantuan masing-masing Rp 8 juta, 140 Madrasah Diniyah (Madin) masing-masing Rp 7 juta, 308 TPQ masing-masing Rp 6 juta, 175 PAUD dengan total blockgrant Rp 875 juta. “Termasuk juga 162 TK/RA dengan total Rp 5 miliar, 75 TK Dharma Wanita Persatuan total Rp 2 miliar, 80 SD/MI total Rp 4 miliar, 53 SMP/MTs total Rp 7 miliar, dan terakhir 20 SMA/SMK/MA senilai Rp 1 miliyar,” jelas Ali Imron. as

Komentar