Penerapan 4 Pilar Kebangsaan Bisa Menjadikan Bangsa Indonesia Lebih Berkarakter

Anggota MPR RI Bambang Haryo S sedang mensosialisasikan 4 pilar kebansaan, di Balai Desa Junwangi. as

Sidoarjo Pos-Kondisi karakterbangsa Indonesia sekarang dinilai sudah menurun, kualitas perilaku kolektif kebangsaan yang khas baik sudah sangat berkurang. Terbukti perilaku radikal sudah sangat massif,  hingga berkembang kepada ancaman teroris.

Melihat kondisi tersebut, Anggota MPR RI Ir. Bambang Haryo Soekartono menegaskan bahwa masyarakat harus lebih mengenal dan memahani isi dari 4 pilar kebangsaan itu, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI maupun Bhinneka Tunggal Ika.

Itulah penegasakan Bambang Haryo Soekartono dari Partai Gerindra di hadapan ratusan warga Desa Junwangi, Krian, Sabtu (2/6/2018) malam, saat mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, dengan pemateri Prof Sam Abede Pareno.

Menurutnya, kondisi masyarakat sekarang ini sangat butuh 4 Pilar Kebangasaan, terbukti mereka sangat semangat dan sangat antusias mengikuti jalannya sosialisasi hingga akhir, peserta masih saja tetap semangat memenuhi Balai Desa Junwangi hingga tuntas.

Oleh karena itu, saya sangat berharap bagi warga yang telah mengikuti kegiatan ini, ilmunya bisa ditularkan kepada teman-temannya, kepada keluarganya ataupun tetangga yang lainnya. “Makannya, jika masyarakat memahami dan menerapkan setiap hari, maka bangsa Indonesia ini bisa menjadi bangsa yang berkarakter lebih baik lagi,” tegasnya.

Jadi, sosialisasi 4 Pilar kebangsaan ini berisi penjabaran dan praktek Pancasila, UUD 45, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, yang merupakan keharusan dalam menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai penting 4 pilar ini untuk terus mengurangi paham radikalisme dan terorisme yang berkembang di masyarakat yang ramai dalam beberapa pekan terakhir. “Apalagi sekarang radikalisme tak memandang agama. Korbannya paling banyak muslim. Jadi jangan dikait-kaitkan radikalisme dengan umat muslim. Karena radikalisme dan terorisme tidak memandang bulu agama,” katanya.

Dalam sosialisasi yang diikuti sekitar 150 orang mulai sore hingga malam hari itu, kata Bambang sebagai bukti masyarakat sangat peduli terhadap 4 pilar. Oleh karenanya, tugas MPR RI harus mensosialisasikannya meski sebagai tugas kecil dari berbagai tugas yang melekat sebagai anggota MPR RI sekaligus DPR RI.

“Selama periode ini, kami sudah 25 kali turun. Alhamdulillah disambut warga luar biasa. Sambutan baik ini karena warga ingin hidup berbangsa dan bernegara menuju kesejahteraan dan persatuan. Target kami seluruh komponen desa di Sidoarjo menyebarkan pentingnya 4 pilar ke komunitas, teman, keluarga dan warga di sekitarnya,” tegasnya.

Sementara Kades Junwangi, Syatra Ikhsandra menegaskan sosialisasi 4 pilar ke masyarakat sangat penting. Tujuannya agar masyarakat mengerti isi dan implementasi 4 pilar dalam kehidupan bermasyarakat. “Kami yakin dengan antusiasme warga bisa menjadi wacana masyarakat ke depan menguatkan ideologi kebangsaan masyarakat,” jelas Syatra Ikhsandra. as

Komentar