Pengisian Biodata PPDB SMPN 2021 oleh Siswa MINU KH Mukmin dan Siswa SDM 2 Berjalan Lancar

Siswi MINU KH Mukmin sedang melakukan pengisian biodata untuk PPDB SMPN Sidoarjo 2021. asgi

Sidoarjopos-Proses pengisian biodata dan validasi bidodata serta titik koordinat dalam program PPDB SMPN Sidoarjo 2021, yang dilakukan oleh para calon peserta didik baru secara online sudah berjalan aman dan lancar. Hingga saat ini belum ditemukan ada kendala-kendala saat memasukkan data-datanya.

Seperti yang dilaksanakan siswa-siswi MINU KH Mukmin Sidoarjo sudah berjalan lancar tanpa kendala. “Pengisiannya dilakukan secara mandiri, namun hingga hari ini belum ada siswa yang mengeluh kesulitan memasukkan data, ataupun juga belum ada yang melaporkan adanya gangguan,” tutur Kepala MINU KH Mukmin Sidoarjo Nurul Hamamah M.Pd I, pada Selasa (4/5/2021) siang.

Ia ungkapkan, di sekolahnya terdapat 104 siswa kelas 6, ada sekitar 16 siswa yang mendaftar di SMPN Sidoarjo. “Sedangkan lainnya sudah banyak yang diterima di MTs Negeri dan di beberapa Ponpes (Pondok Pesantren), “ ungkap Nurul Hamamah.

Regita siswi SDM 2 dipandu pengisian biodata oleh petugas SMPN dari Japres yang menerimanya. asgi
Regita siswi SDM 2 dipandu pengisian biodata oleh petugas SMPN dari Japres yang menerimanya. asgi

Terpisah, Kepala SD Muhammadiyah 2 Sidoarjo Nana Liesdiana, SPd MM juga mengaku kalau proses pengisian dan validasi biodata siswa serta penentuan titik koordinat sudah berjalan jalan lancar tidak ada kendala. “Bahkan yang Japres (Jalur Prestasi) lebih lancar lagi, karena pihak dari SMPN yang dipilih siswa kami mau datang ke sekolah untuk memandu cara memasukkan data-datanya,” jelas Nana Liesdiana.

Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN Sidoarjo 2021 yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo. Untuk  tahapan pengisian biodata dan titik koordinat dimulai 3 sampai 10 Mei. Setelah itu, validasi terkait biodata dan koordinat digelar pada 4 sampai 9 Mei. Nantinya, menjelang pendaftaran, juga bakal digelar simulasi pendaftaran pada 18 sampai 20 Mei 2021. Simulasi wajib bagi calon peserta didik baru.

Jadwal pendaftaran dibagi berdasarkan jenis pendaftaran. Pendaftaran jalur prestasi hasil perlombaan dimulai 19 sampai 20 Mei 2021. Sementara itu, pendaftaran jalur prestasi hasil penilaian sekolah dan juga jalur perpindahan orang tua dimulai 30 Mei sampai 1 Juni. Sedangkan, untuk jalur zonasi dan afirmasi, pendaftaran dimulai 7 sampai 9 Juni 2021.

Kepala Dikbud Sidoarjo Drs Ec Asrofi MM menjelaskan saat pendaftaran ada jalur zonasi, afirmasi, prestasi baik prestasi hasil perlombaan maupun prestasi hasil penilaian sekolah, serta jalur perpindahan tugas orang tua.  Kuota jalur zonasi adalah paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah. Jalur prestasi kuota paling banyak 30 persen, Jalur afirmasi kuota paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua kuota paling banyak 5 persen. “Untuk tahun ini, jika ijazahnya nanti belum jadi saat mendaftar, calon pendaftar bisa mendaftar tidak melampirkan ijazah dulu, yang penting ada keterangan mengikuti ujian sekolah,” katanya.

Pihaknya menyarankan calon siswa mulai memetakan sekolah mana yang akan dipilih. Persyaratannya juga bisa segera dilengkapi. “Untuk jalur zonasi, tahun ini  harus menggunakan KK, tidak surat domisili. Tujuannya, mengantisipasi ada yang pindah alamat dadakan untuk masuk SMPN yang diinginkan,” tegas Asrofi. asgi

Komentar