Perdalam Ilmu Kewirausahaan SMP Islam Terpadu Insan Kamil Studi ke 32 Perusahaan

Siswa SMP IT Inka yang lagi belajar berwirausaha. as

Sidoarjo Pos-Sebagai program menumbuhkan jiwa para siswanya untuk belajar berwirausaha. Rastusan siswa kelas IX dari SMP IT Inka (Islam Terpadu Insan Kamil), Sekardangan Sidoarjo telah melakukan studi, kunjungan kerja ke 32 titik usaha/perusahaan. Mereka belajar, mencari pengalaman bagaimana caranya menjadi pengusaha yang sukses.

Kepala SMP Inka Sidoarjo Ani Qothul Uhbah menuturkan kelau kegiatan ini sudah terporgram setiap tahunnya. Untuk tahun kemarin yang dikunjungi hanya sekitar 24 titik usaha/pengusaha, tahun ini meningkat menjadi 32 titik usaha/pengusaha. Pilihan titik usaha ini dipilih oleh para siswa sendiri. “Mereka yang membuat proposal sendiri, dan dipresentasikan sendiri oleh anak-anak. Bapak/Ibu guru hanya sebagai pendamping saja,” tuturnya.

Jadi setiap tahun selalu berkembang, tahun ini perusahaan yang dipilih oleh para siswa adalah perusahaan pribadi yang berskala besar. Per titik usaha dikunjungi oleh 3 hingga 4 kelompok siswa, dan semua siswa kelas IX yang jumlahnya sebanyak 114 siswa. “Dan Alhamdulillah apresiasi dari para pemilik usaha juga sangat luar biasa. Bahkan oleh pemilik usaha gambar-gambarnya ada yang diunggah ke Sosmed, hingga mendapat apresiasi masyarakat luas,” jelas Ani Qotul Uhbah.

Program ini tidak hanya sekedar berkunjung atau sekedar belajar berwirausaha, tetapi ada proses penilaiannya. Kami, para guru pendamping telah melakukan koordinasi dengan pihak pengelola perusahaan, melihat bagaimana anak-anak waktu belajar. Diantaranya bagaimana kedisipilinannya, ketenuanannya dalam belajar serta keterlibatan mereka seperti apa keaktifannya dalam membantu proses usahanya.

Pelaksanaan waktu masuk dan pulang disesuaikan oleh perusahaan masing-masing. Jadi a nak-anak tidak harus ke sekolah, tetapi dari rumah juga bisa langsung ke tempat-tempat usaha yang dituju. “Kegiatan ini memang program dari sekolah, makanya siswa kelas VII pun juga sudah dikenalkan entrepreneur, walaupun cuma teknis penjualan. Sementara untuk kelas VIII mulai ditingkat untuk lobi-lobi dan promosi/marketing,” ujar Ani Qotul Uhbah, kemarin(6/8/2018).

Salah satu guru pendamping dari SMP Inka Afif, yang semangat mendampingi siswanya keliling perusahaan mengatakan, ada beberapa kegiatan yang telah dilakukan para siswanya, yakni mulai ‘Lets Get Together Welcome 21 th Century’ (kegiatan english champ siswa kelas 7 selama seulan di Kampung Ingris Pare. Arabic Champ (pelajaran bahasa arab siswa kelas 8 selama 2 pekan di sekolah. Juga kegaitan magang/pembelajaran entrepreneur langsung selama sepekan di perusahaan-perusahaan lokal. “Kegiatan dilaksanakan selama 1 bulan, mulai tanggal 21 Juli hingga 18 Agustus 2018,” jelasnya. as

Komentar