Peringatan Israj Miraj KB-TK Al Muslim Semangat Rajin Shalat Sejak Kecil

Sidoarjopos-Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW di KB-TK Al Muslim Sidoarjo walaupun dilaksanakan secara virtual, ternyata tidak menyurut semangat para siswa untuk tetap merayakannya.

Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran bersambung oleh siswa-siswi TK B yaitu Ananda Nabil, Rafa, dan Fathir sebagai pembaca sari tilawah QS. Al Isra’ ayat 1 sampai 2. Sedangkan para guru menyanyi lagu Mars Al Muslim Sidoarjo serta gerak lagu dzikir dan zakat. Deklamasi Yuk Salat oleh Luqman dan Aisyah dari siswa TK A. Permainan tepuk Persiapan Belajar dan Rukun Islam oleh Nabila dan Zhafran siswa KB.

Siti Aminah selaku kepala KB-TK Al Muslim Sidoarjo menyampaikan, momen Isra Mi’raj kali ini diisi dengan mengadakan lomba gerakan dan bacaan shalat. “Harapannya dapat menumbuhkan semangat siswa untuk rajin menunaikan ibadah shalat dan juga melatih jiwa kompetisi sejak kecil. Menguatkan mental percaya diri untuk tampil di depan umum melalui berbagai aktivitas tampilan puncak peringatan meskipun secara virtual,” ucapnya.

Lanjutnya, Allah SWT telah memberikan segala jalan keluar terhadap segala permasalahan yang dihadapi oleh Nabi Muhammad SAW, dengan petunjuk shalat. “Oleh sebab itu, ibadah shalat harus dibiasakan sejak kecil,” imbuhnya.

Kisah tentang Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW, disampaikan oleh Ustadah Mudji dan Ustadah Atiek menggunakan media sepasang boneka yang bernama Ali dan Nina. Dikisahkan bahwa, Ali marah kepada bundanya karena ketika sedang asyik bermain dipanggil bundanya untuk menunaikan ibadah shalat. Lalu Nina dan Ustadah mengajak siswa untuk melafalkan hadis menahan marah. Juga disampaikan bahwa, ibadah shalat itu wajib bagi setiap muslim, yang terdapat pada rukun islam. Supaya mudah mengingatnya, siswa diajak menyanyi lagu rukun Islam, tanya jawab tentang salat fardhu lima waktu. Pada akhir cerita siswa diajak menyanyi lagu kita Nabi Muhammad SAW.

“Kegiatan ini adalah sebagai implementasi kurikulum unggulan KB-TK Al Muslim Sidoarjo yaitu pendidikan agama islam untuk melahirkan generasi pemimpin yang Rahmatan Lil Alamin dan berahlakul karimah,” pungkas Siti Aminah. nas

Komentar