Peringati Hari Batik Nasional SD Al Muslim Sidoarjo Gelar Kids Entrepreneurship Day Berpakaian-Batik

Siswa SD Al Muslim saat belajar berwirausaha, tadi pagi. as

Sidoarjo Pos-Menyambut Hari Batik Nasional, Senin, 1 Oktober 2018, tadi pagi SD Al Muslim Waru Sidoarjo telah mengadakan kegiatan Kids Entrepreneurship Day, yang merupakan kegiatan rutin 3 bulan sekali.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Happy Kids Entrepreneurship Day’ Smart, Fun and Healthy, Traditional Food and Cultures on National Batik`s Day, diikuti sebanyak 860 siswa dan siswi dengan menggunakan pakaian batik tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa entrepreneur sejak dini kepada para siswa. “Juga mengembangkan kreativitas siswa dalam melakukan wirausaha, serta melatih siswa dalam hal kejujuran,” tutur Kepala SD Al Muslim Ummuh Jazilah.

Selain itu juga mengenalkan inovasi ragam batik nusantara, kebersihan, kemandirian, kerapian, dan cara mereka memasarkan produk. Pada intinya kegiatan ini untuk melatih siswa mengaplikasikan aspek-aspek leadership. “Diantaranya mengenal diri, komunikasi, akhlak, proses belajar, membuat keputusan, mengatur dan bekerjasama, serta memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi berwirausaha,” jelasnya.

Penanggungjawab Kegiatan Wiji Agustin juga mengatakan kalau potensi siswa dalam menjadi wirausaha sangat tampak ketika mereka menggunakan berbagai macam strategi pemasaran. Seperti lip advertising, memasang poster produk, berkeliling menjajakan produk, memasang label harga pada produk, serta inovasi berbagai produk yang dijual.

Semangat dan antusiasme siswa memeriahkan kegiatan kids entrepreneurship day di luar ekspektasi, bahwa para siswa memiliki ide kreatif untuk mengemas makanan tradisional menjadi makanan yang diminati konsumen. “Produk yang dijual siswa merupakan hand made buatan para siswa sendiri saat pembelajaran leadership. Produk non makanan seperti bros, amplop, mainan, pembatas buku merupakan hasil karya yang idenya didapatkan melalui studi literatur saat PBM leadership,” kata Wiji Agustin. as

Komentar