Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Gelar Sidoarjo Youth Festival 2016

Ketua KNPI Sidoarjo saat memberikan pengarahan. as

Sidoarjo Pos-Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2016 mendatang. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Sidoarjo Youth Festival III 2016.

      Kegiatan yang digelar setiap tahun sejak tahun 2014 ini, berupa Lomba Ketrampilan Baris Berbaris Pasukan Pengibar Bendera (LKBB Paskibra), lomba pidato Bahasa Inggris, dan Lomba Orasi Kepemudaan. Ada juga Pemilihan Pemuda Inspiratif. Rangkaian sejumlah lomba akan diakhiri saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016 nanti di Alun-alun Sidoarjo.

      Sidoarjo Youth Festival III ini resmi dilaunching oleh Ketua DPRD Sidoarjo H Sullamul Hadi Nurmawan, di Aula Delta Graha, Kantor Pemkab Sidoarjo, Sabtu (8/10).  Ia mengapresiasi kegiatan yang digagas DPD KNPI Kabupaten Sidoarjo tersebut. “Kegiatan yang digagas KNPI ini secara nggak langsung bisa menjadi contoh bagi organisasi lain untuk bergerak lebih produktif bagi lingkungannya,” cetus Sullamul Hadi Nurmawan.

       Katanya, kegiatan Sidoarjo Youth Festival layak dipertahankan dan digelar rutin setiap tahun. Hal itu sebagai upaya untuk menciptakan sebuah contoh yang positif di kalangan generasi muda di tengah serangan budaya yang negatif. “Pemuda sekarang adalah pemimpin masa depan,” tandas sosok yang menyabet Pemuda Inspiratif 2015 oleh KNPI Sidoarjo pada tahun lalu.

       Ketua DPD KNPI Sidoarjo Ari Suryono menjelaskan, hadiah para juara lomba dalam Sidoarjo Youth Festival III, bakal diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah saat upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Alun-alun Sidoarjo, pada 28 Oktober mendatang.

     Kata Ari Suryono, Sidoarjo Youth Festival bertujuan untuk mengakomodasi dan mengembangkan potensi positif dan sebagai ruang kreasi dan ekspresi kaum muda. “Kegiatan ini juga untuk melatih dan mengembangkan penyadaran bahwa pemuda adalah pelopor dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tandasnya.

        Sejumlah lomba yang digelar dalam Sidoarjo Youth Festival III akan diikuti para pelajar SMA dan SMP. Untuk LKBB Paskibra, akan diikuti 20 SMA dan 20 SMP. Masing-masing sekolah itu akan mengirimkan satu peleton yang terdiri dari 16 pelajar. LKBB digelar di lapangan basket SMAN 1 Krembung, pada 23 Oktober nanti.

       Sedangkan lomba Pidato Bahasa Inggris, digelar pada 24 Oktober 2016 untuk tingkat pelajar SMA dan 25 Oktober 2016 bagi pelajar SMP. Sementara lomba Orasi Kepemudaan, bakal digelar pada 25 Oktober mendatang. Dua jenis lomba ini digelar di aula Rumah Aspirasi, di Perum Mutiara Citra Asri, Kecamatan Candi.

        Untuk pemilihan Pemuda Inspiratif, dibentuk tim khusus yang akan menjaring nominasi sosok pemuda di Kabupaten Sidoarjo, berusia di bawah 40 tahun yang memiliki prestasi di berbagai bidang dan apa yang telah dilakukan bisa menjadi inspirasi positif bagi masyarakat. “Sosok yang akan dipilih sebagai Pemuda Inspirasi ini bisa dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya,” pungkas Ari Suryono. as

Komentar