Pjs Dirut PDAM Sidoarjo Langsung Sidak Galian Pipa yang Melanggar Aturan

Pjs Dirut PDAM turun melihat pipa yang ditanam secara dangkal. as

Sidoarjo Pos-Untuk melihat kebenaran atas laporan PU Bina Marga Kapaten Sidoarjo dan pemberitaan di media, bahwa pemasangan pipa distribusi yang dilakukan PDAM ‘Delta Tirta’ di Desa Tambakoso, Kecamatan Waru dan di Desa Segorotambak, Kecamatan Sedati menyalahi aturan, Pejabat Sementara (Pjs) Dirut PDAM ‘Delta Tirta’ H Nur Ahmad Syaifuddin langsung Sidak lokasi.

       Setelah cek lokasi, Pjs Direktur Utama PDAM Delta Tirta Nur Ahmad Syaifuddin membenarkan kalau pembangunan tersebut menyalahi aturan. Pemasangan pipa yang seharusnya sedalam 1,5 meter ternyata tidak sesuai saat dicek ke lapangan.

          Dalam peninjauan saluran di kawasan Desa Tambakoso, kemarin (08/08/2016) Nur Ahmad Syaifuddin didampingi oleh Pjs Direktur Operasional PDAM Delta Tirta Bambang Ribut serta Kades Tambakoso Imam Sulbani. Nur Ahmad mengecek langsung kedalaman pipa yang telah dikeruk oleh Dinas PU Bina Marga yang nantinya akan dipasang box culvert tersebut.

          Ia menegaskan, setelah mendapatkan surat pemberitahuan dari Dinas PU Bina Marga terkait kondisi pipa yang tidak sesuai pihaknya langsung terjun ke lapangan. Hasilnya, memang pipa yang tertanam di pinggir jalan tersebut kedalamannya hanya sekitar 65 centimeter. Padahal sesuai dengan aturan harus minimal 1,5 meter. “Pemasangan pipa menyalahi aturan dan harus dibenahi,” kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo ini.

          Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan jajaran direksi PDAM Delta Tirta untuk langsung menindaklanjuti hal tersebut. Direksi juga akan mengecek kapan waktu pemasangan proyek pipa distribusi tersebut. “Masih kita cari informasi apakah proyek dilakukan pada 2013 atau sudah lama,” ucapnya.

          Dia mengungkapkan, koordinasi juga telah dilakukan dengan PU Bina Marga yang telah sepakat memberikan anggaran untuk pengerukan saluran tersebut. Nantinya, peletakan pipa distribusi akan diletakkan lebih dalam oleh petugas PDAM Delta Tirta. “Diperkirakan dalam waktu sepekan nanti pengerukan serta pemindahan pipa akan dilakukan,” terangnya.
Pjs Direktur Operasional Bambang Ribut menambahkan, pipa yang tertanam di kedalaman 65 centimeter tersebut lebarnya sekitar 8 inchi. Pipa tersebut berfungsi untuk distribusi di pelanggan kawasan Tambakoso. “Kedalamannya memang tidak sesuai dan akan langsung kami koordinasikan untuk dipindah lebih dalam, ” ucapnya.

        Dia menambahkan, ada pipa yang nantinya digeser ke arah timur karena kedalamannya sudah sesuai. Namun, untuk pipa yang kedalamannya kurang tetap akan ditanam lebih dalam. “Butuh waktu sekitar dua minggu untuk menyelesaiakan,” tegasnya. as

Komentar