PKK dan Karang Taruna Desa Kalidawir Diajari Budidaya Hidroponik

Para narasumber saat memberikan pelatihan. as

Sidoarjo Pos-Komunitas kepemudaan Sidoarjo Positif kembali menggelar pelatihan bagi masyarakat Sidoarjo. Kali ini pelatihannya budidaya hidroponik.

Acara yang disupport Lapindo Brantas Inc ini telah dilaksanakan tanggal 30 Desember 2018 di Balai Desa Kalidawir,  Kec Tanggulangin Sidoarjo, dan diikuti sekitar 30 orang. Mereka adalah para anggota PKK, bapak-bapak hingga anggota Karang Taruna Desa Kalidawir.

Afandi, pelatih dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menyampaikan terima kasihnya kepada Lapindo Brantas yang peduli dengan wilayah dan masyarakat setempat, khususnya Desa Kalidawir, terkait pengembangan potensi warga melalui budidaya hidroponik.

“Antusiasme peserta membuat kegiatan ini berlangsung lancar, harapan ke depannya, hidroponik dapat dikembangkan terus oleh masyarakat dan bermanfaat untuk semuanya, “ujar Afandi.

Sementara itu Koordinator Sidoarjo Positif Vanda Ika Paramitha menyebutkan, pelatihan hidroponik ini bertujuan memberikan wawasan serta pengalaman baru bagaimana memanfaatkan penghijauan yang diharapkan mempunyai nilai ekonomis dan mudah diaplikasikan sendiri di rumah-rumah.

“Pelatihan ini diberikan mulai dasar-dasar pembibitan hingga panen, artinya trainer akan terus memantau perkembangan tanaman hingga panen. Dengan begini peserta akan belajar sampai mahir untuk membuat hidroponik sendiri, ” ujar Vanda menjelaskan.

Di tengah-tengah acara peserta juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung menanam benih sayur ke dalam media tanam. Hal ini dilakukan agar peserta terlatih dan bisa mengaplikasikannya di rumah tanpa harus terus didampingi.

Lapindo Brantas sendiri sebagai pendukung kegiatan ini memberikan dua unit alat hidroponik untuk Desa Kalidawir. Nantinya dua alat ini akan dikelola bersama perangkat desa dan Karang Taruna. Fifin Fithriani, CD Officer Lapindo Brantas Inc berharap alat hidroponik beserta pelatihannya dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan warga Desa Kalidawir.

“Pelatihan ini tentunya memberikan angin segar untuk ibu-ibu karena jika ingin memasak sayur tak perlu lagi mengeluarkan uang, melainkan dapat memetik langsung dari hidroponik tersebut, ” ujarnya.

Para peserta yang mengikuti pelatihan ini juga turut mengungkapkan apresiasinya. Robid, Ketua Karang Taruna Desa Kalidawir yang hadir sebagai peserta mengungkapkan, kegiatan ini bermanfaat positif untuk warga Desa Kalidawir.

“Kami sudah diajari merakit hidroponik dan saya ucapkan terima kasih kepada Lapindo Brantas dan Sidoarjo Positif yang selalu mendukung kegiatan Desa Kalidawir, ” ujarnya. as

Komentar