PKK Desa Trosobo Dilatih Membuat Yoghurt Susu Kedelai Oleh TIM LPPM UPN Surabaya

Anggota PKK Desa Trosobo berfoto bersama dengan tim penyuluhan dari UPN Veteran Jawa Timu. usi

Sidoarjopos-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilakukan tim LPPM Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur. Kali ini bertempat di Balai Desa Trosobo Kabupaten Sidoarjo, Minggu (6/9/2020).

Melalui program hibah penerapan hasil penelitian bagi masyarakat yang diketuai oleh Dr. Ir. Sintha Soraya Santi, MT dan wakilnya Dr. Rosida, STP .,MP beserta teknisi hingga mahasiswa. Sedangkan kelompok PKK Desa Trosobo diketuai Mega Miftahul Jannah, S.Kom. “Ini dilakukan mengingat Desa Trosobo banyak terdapat pengusaha susu kedelai skala rumahan,” kata Dr. Ir. Sintha Soraya Santi, MT.

Dia mengatakan bahwa dalam meningkatkan penghasilan dan mengembangkan produknya, maka susu kedelai dapat diolah menjadi yoghurt yang dikenal soyghurt. Yoghurt mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan organ pencernaan. Selain itu juga dapat dijual dengan berbagai macam rasa. “Berbentuk pelatihan (workshop), dimana tiap kelompok peserta terdiri dari dua orang melakukan pembuatan yoghurt susu kedelai. Peserta melakukan praktik secara langsung dan diberi tugas membuat produk tersebut di rumah masing-masing,” jelasnya.

Menambahkan, Dr. Rosida, STP.,MP menuturkan tahap selanjutnya dilakukan penyuluhan tentang pengemasan dan pemasaran yang baik dan benar. Sehingga diharapkan pembuatan yoghurt susu kedelai mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. “Pada kesempatan ini juga dilakukan serah terima alat penggiling kedelai (juicer) kepada ketua PKK Desa Trosobo untuk dimanfaatkan bagi anggota yang ingin membuat yoghurt,” ungkapnya.

“Penyuluhan ini tentu saja memperhatikan protokol kesehatan, dimana peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan pengukuran suhu tubuh hingga jaga jarak,” tegasnya. usi

Komentar