Pokmaswas ‘Ketingan Jaya’ Bersaing di Tingkat Jatim

Tim dari Dinas Kelautan Jatim sedang berdiskusi dengan para peserta lomba.as

Sidoarjo, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) ‘Ketingan Jaya’ Buduran telah siap bersaing mengikuti lomba Pokmaswas Tingkat Provinsi Jatim 2016. Lomba yang telah di gelar oleh Dinas Kelautan Jawa Timur di Desa Kepetingan Sidoarjo, pada (2/6) tersebut, diikuti oleh Pokmaswas seluruh Jawa Timur.

            Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo sudah melakukan berbagai pertimbangan dan evaluasi terhadap Pokwasmas yang ada di Sidoarjo, sebelum menentukan Pokmaswas ‘Ketingan Jawa’ terpilih untuk mewakili Sidoarjo ketingkat Jawa Timur.

            Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Sidoarjo Ir. Muhammad Sholeh, M.Si menjelaskan kalau Pokmaswas ini merupakan kegiatan warga masyarakat yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Utamanya lingkungan kelautan dan perikanan, mulai dari peduli terhadap keamanan lingkung. “Lebih-lebih lagi terhadap kebersihan lingkungan sungai yang ada di wilayah,” jelasnya.

            Bahkan mereka para penggiat kebersihan sungai ini, membuat aturan agar masyarakat tidak mencermari dan merusak lingungan/sungai. Diantara aturan yang telah dibuat oleh Pokmaswas ‘Ketingan Jaya’ itu adalah, warga diharamkan masuk lingkungan membuang sampah di sungai. “Jadi kalau ada warga yang membuang sampah ke sungai itu haram. menembang mangrove, merusak ekosistem dan menangkap ikan dengan strum,” katanya.

            Sementara Kepala Bidang Kelautan Ir. Tarina Hadaningrum juga menjelaskan kalau terpilihnya Pokmaswas ‘Ketingan Jawa’ ini sudah melalui proses yang baik. Kelompok yang terdiri dari 30 orang juga sudah dievaluasi keatifannya, peran sertanya, peningkatannya dalam mengelola administrasi serta banyak inovasinya. “Mereka layak untuk diwakilkan mengikuti lomba tingkat Provinsi Jatim 2016 ini,” katanya.as

Komentar