Polres Berhasil Gagalkan Penyelundupan Kopi Senilai Rp 650 Juta

Petugas sedang memeriksa barang bukti kopi yang digelapkan.as

Sidoarjo, Satuan Reskrim Polres Sidoarjo berhasil menangkap komplotan kasus penggelapan bubuk kopi merk Kapal Api (KA) sebanyak 3.200 kotak kopi atau berisi 20 set/karton senilai sekitar Rp 650 juta. Petugas berhasil mengamankan 5 tersangka masing-masing berinisial MA (38) sopir, M (34), BH (34), HR (36), dan HM (38).

Kronologisnya, pada Sabtu tanggal 23 April 2016 sekitar pukul 19.00, tersangka MA ditugasi memgangkut muatan kopi merk KA sebanyak 3.200 kotak dari PT Santoz Jaya Abadi, yang berada di Jl Raya Gilang Taman, menuju ke pelabuhan tanjung perak Surabaya untuk dikirim ke Malaysia.

Bersama tersangka E yang masih berstatus DPO, setelah mengambil muatan tersebut, tersangka MA membawa truknya ke bawah jembatan layang Trosobo. Di sini tersangka E menghubungi tersangka BH untuk menawarkan kopi tersebut. Setelah mereka berkumpul langsung menghubung M agar memberi barang-barang tersebut.

Tersangka M langsung setuju, akhirnya mereka bersama-sama ke wilayah Nganjuk untuk dibongkar. “Muatan ini akhirnya dibawa ke Nganjuk oleh tersangka dan dibongkar di kawasan Gondang Nganjuk. Namun petugas berhasil melakukan pelacakan dan berhasil menangkap tersangka beserta barang buktinya, ” tegas Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Wahyudin Latief di Mapolres Sidoarjo, Kamis (16/06/2016).

Akibat perbuatannya, para tersangka, dijerat pasal 374 KUHAP tentang penggelapan, dengan acaman hukuman diatas 5 tahun penjara.as

Komentar