Polresta Sidoarjo Berhasil Amankan Makanan Ringan Dari Bahan Makanan Ternak

Jajaran Sat Reskrim Polresta Sidoarjo saat menunjukkan tersangka dan barang bukti. as

Sidoarjo Pos-Jajaran Sat Reskrim Polresta Sidoarjo menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang mempunyai anak-anak masih duduk di bangku sekolah TK/SD maupun SMP agar berhati-hati saat membelikan jajanan, atau makanan ringan.

Karena diduga masih banyak makanan ringan yang tidak layak konsumsi. Bahkan pihaknya telah mengamankan mie kering dari tersangka H MB (42) Desa Keret Kecamatan Krembung dan M. B (40) A. M (37) yang keduanya warga Desa Gampang Kecamatan Prambon Sidoarjo.

Mereka diamankan bersama barang bukti, karena telah memproduksi mie merk Micky Joss dan Chacha dengan bahan baku mie yang sudah kedaluarsa, yang biasaya digunakan bahan makanan ternak.

Humas Polresta Sidoarjo SKP Samsul Hadi SH menjelaskan kalau awal mula penangkapan ini dilakukan berdasarkan informasi dari warga. Selanjutnya pihak Reskrim langsung menindaklanjuti, dan berhasil menangkap AM, dikembangkan lagi ke M. B dan selanjutnya H. MB di desa masing-masing.

Kemudian barang bukti dilakukan pengecekan, ternya benar bahwa mereka telah melakukan atau mengolah bahan makanan mie yang sudah tidak layak konsumsi, terus diolah lagi dan dikemas untuk jajanan anak-anak. “Dengan sasaran penjualan di wilayah Madura, Jombang dan Sidoarjo sendiri,” jelas Samsul Hadi.

Dari kegiatan tersebut, mereka bisa meraih omzet sekitar Rp 48 juta per bulan, atau Rp 244 juta per tahun. Mereka sudah melakukan kegiatan ini sekitar 9 tahun, omsetnya kalau ditaksir sekitar Rp 9 M. Tersangka juga tidak memilik ijin, termasuk surat edar dari BPOM. “Makanya, tersangka disangkakan dalam pasal 134 dan 135 UU RI No. 18 tahun 2012 tentang Pangan, dengan pidana penjara 1 tahun atau denda paling banyak Rp 2 miliyar,” tegas Samsul Hadi. as

Komentar