Puluhan Guru Al Muslim Tingkatkan Kompetensi Melalui Jurnalistik

Suasana workshop journalistic di Al Muslim Waru Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Menulis merupakan salah satu komponen penilaian kinerja bagi guru dalam meningkatkan kompetensi. Oleh karena itu,  para guru yang mengajar di Yayasan Al Muslim Sidoarjo dan Surabaya, pada Sabtu(23/9/2017) telah meningkatkan kompetensinya melalui belajar menulis, terutama dalam hal menulis berita atau jurnalistik.

Kegiatan yang dilakukan di Ruang Audio Visual Al Muslim Waru, Sidoarjo tersebut diikuti sekitar 60 guru. Mereka terdiri dari guru KB, TK Almuslim dan KB, TK Lasiyam Cabang Almuslim yang ada di Surabaya. Ditambah peserta dari perwakilan SD, SMP, SMA dan Tim Redaktur Majalah Al Muslim.

Usai acara Humas Al Muslim Siti Aminah menuturkan kalau kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru. Utamanya dalam hal menulis berita, yang nantinya untuk menulis berita di majalah dan website Al Muslim sendiri. Karena menulis merupakan salah satu komponen penilaian kinerja guru di Al Muslim yang menunjang nilai rapor para guru.

Makanya, kedepan diharapkan para guru memiliki kemampuan dasar-dasar menulis, punya dasar jurnalistik untuk menulis di majalah dan webnya komunitas Al Muslim. “Kali ini tema yang kami usung ‘Workshop Journalistic’ dengan menghadirkan narasumber dari wartawan harian Bhirawa yang senior di Sidoarjo, Achmad Suprayogi, yang juga sebagai Wakil Ketua PWI Sidoarjo Bidang Pendidikan,” tutur Ustadzah Aminah_sapaan akrabnya.

Salah satu guru PAI (Pendidikan Agama Islam) SD Mahmudah, S.Pd mengaku kalau penyampaian materinya sangat menarik, mudah dipahami, dan mudah dipraktekan. “Narasumbernya sangat komunikatif, karena jurnalistik itu pada dasar 20 persen teori dan 80 persennya praktek, mestinya tadi semua teman-teman wajib praktek menulis biar tahu hasilnya,” ungkap Mahmudah yang juga sebagai Ketua PSB (Pusat Sumber Belajar) Al Muslim.

“Alhamdulillah bagus materi yang disampaikan tadi, dapat menambah wawasan ilmu jurnalistik terutama tentang penulisan rumus berita, karakteristik berita dan motivasi dalam menulis. Semoga guru yang ikut tadi bisa memanfaatka ilmu yang telah diberikan oleh narasumber,” ungkap guru IPS SMA, Azam Alfian Dinata yang juga sebagai Waka Kesiswaan SMA Al Muslim. as

 

Komentar