Puluhan Kader Lingkungan Al Muslim Mengajak Masyarakat Menjaga Lapisan Ozon

Puluhan kader lingkungan Al Muslim kampanye mengajak masyarakat menjaga lapisan ozon. as

Sidoarjo Pos-Puluhan siswa SD, SMP, SMA Al Muslim beramai-ramai mengunjungi Balai Desa Wadungasri, Kecamatan Waru Sidoarjo. Mereka memperingati Hari Ozon Internasional yang jatuh pada tanggal 16 September 2017 bersama perangkat desa dan masyarakat sekitar.

Kehadiran para siswa Kader lingkungan, pada (14/9/2017) sekitar pukul 08.00 wib langsung melakukan berorasi, mengkampanyekan pentingnya menjaga lapisan ozon yang seiring waktu kian menipis. Mereka menyuarakan ajakan pada masyarakat untuk turut menjaga kelestarian lapisan ozon, sebagai pelindung bumi dari radiasi matahari yang selanjutnya dapat menyebabkan pemanasan global dan radiasi sinar UV.

Usai orasi, Kader Lingkungan M. Rifqi Ramadhan (XI IPS) menjelaskan ozon adalah gas alamiah yang dikenal dengan O3. Gas yang berbau tajam dan berwarna kebiruan tersebut berfungsi melindungi bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet secara langsung. Letaknya, 10 persen di troposfer dan 90 persen berada di stratosfer.

Lebih jauh Rifqi menjelaskan, jika ultraviolet tidak difilter oleh lapisan ozon, akibatnya banyak mahluk hidup yang akan menderita, bahkan bisa mati. Pohon-pohon kering karena cuaca terlalu panas, hewan pun bernasib serupa. Begitu juga gunung es akan mencair. “Jika hal itu terkena tubuh manusia, bisa mengakibatkan kanker kulit dan kerusakan mata,” jelas siswa kelas XI IPS SMA Al Muslim.

Kondisi lapisan ozon sekarang ozon terus menipis. Malahan, sudah ada lubang di lapisan ozon yang besarnya lebih dari Benua Australia. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, Rifqi bersama rekan Kader Lingkungan yang lain, mengajak masyarakat melakukan untuk pencegahan. Diantaranya mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau air conditioner (AC).

Masih banyak cara lain, misalnya, tidak melakukan penebangan hutan sembarangan, tidak banyak menggunakan parfum spray dan hairspray, serta mengurangi penggunaan kendaraan bermotor yang asapnya berlebihan. “Atau mungkin kegiatan  yang lainnya, yakni menanam banyak pohon,” ajaknya.

Tidak hanya itu, para Kader Lingkungan Al Muslim juga menyajikan jingle tentang ajakan peduli ozon. Mereka juga membagikan stiker bertuliskan ‘Peduli Ozon Sejak Sejarang’ kepada masyarakat yang melintas di sekitar Jl. Raya Wadungasri.

Aksi diakhiri dengan penyerahan tanaman sansivera oleh kader lingkungan SD, SMP, SMA Al Muslim kepada kepala Kepala Desa Wadungasri serta masyarakat di sekitar lingkungan balai desa sebagai simbol siap menjaga dan peduli ozon. as

Komentar