Puluhan Mahasiswa PTN Gelar Campus Expo Modern di SMK Antartika 2 Buduran

Para mahasiswa dari berbagai PTN sedang memberikan semangat kepada siswa SMK Antartika 2 Buduran. as

Sidoarjo Pos-Dalam memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para siswa-siswinya, agar lebih giat belajar untuk menempuh kejenjang perguruan tinggi. SMK Antartika 2 Buduran, Sidoarjo telah memanfaatkan alumninya yang masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) untuk menggelar Expo Campus Modern.(3/1/2017).

            Ada sekitar 30 mahasiswa yang terlibat, mulai dari mahasiswa UPN ‘Veteran’ Surabaya, UIN Surabaya, Unair Surabaya, Univ Jember, Univ Trunojoyo Madura, UGM, Univ Malang, ITS serta juga dari UB Malang. Mereka para mahasiswa tersebut selain menggelar stand-stand konsultasi, mereka juga melakukan paparan memberikan motivasi di hadapan ribuan siswa SMK Antartika 2 Buduran.

            Salah satu mahasiswa Fak. Sastra Unair Surabaya Wahyu Sekti Wijaya (22) mengatakan bahwa apa yang dilakukan tadi adalah memberikan semangat kepada para adik-adik SMK agar lebih semangat untuk giat belajar. Pandangan masyarakat kalau anak-anak SMK akan sulit untuk melanjutkan kuliah, ternyata apa yang saya alami ternyata tidak. “Saya bisa masuk perguruan tinggi justru melalui bidik misi. Yang penting rajin belajar dan juga harus rajin mengikuti kegiatan ekstra-ekstra yang juga harus aktif, karena itu juga sangat mendukung untuk masuk perguruan tinggi,” kata Wahyu yang bercita-cita ingin menjadi dosen sastra Indonesia.

            Sementara itu Cornilia Faren dari Fak Ilmu Keolahragaan Unesa mengatakan kalau yang dilakukan dalam Expo Campus Modern ini adalah memberikan penjalasan kepada para siswa bagaimana caranya bisa diterima di perguruan tinggi, apalagi saya ini juga bisa diterima melalui jalur bidik misi. “Jadi tadi saya memberikan penjelas kepada adik-adik agar terus belajar dengan baik, bahwa anak SMK itu bisa. Selain itu juga menjelaskan bagaimana kondisi kampus, bagaimana kuliah. Kalau adik-adik sudah paham kondisi kampus diharapkam mereka termotivasi,” jelas Cornelia alumni SMK Antartika juruan  Multi Media I angkatan XVI.

            Usai memantau kegiatan Expo Campus Modern, Kasek SMK Antartika 2 Buduran Imam Jawahir menjelaskan kalau tujuan kegiatan ini adalah untuk mengenalkan PTN kepada anak-anak siswa kelas XII yang akan mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Makanya kita hadirkan kakak-kakak kelasnya telah masuk PTN terlebih dahulu, sehingga bisa memberikan informasi yang jelas. Yakni mulai dari jurusan yang dipilih, lokasinya dimana, biayanya berapa dan lain sebagainnya.

            Harapan kita kalau anak-anak ini termotivasi oleh kakak kelasnya, karena ini image di masyarakat kalau anak-anak sudah sekolah di SMK apalagi swasta akan sulit untuk melanjutkan ke jenjang sekolah lebih tinggi. Kadang-kadang mereka itu rasa mindernya tinggi. “Padahal sebenarnya tidak, terbukti anak-anak dari sini banyak sekali yang diterima di PTN. Makanya, kakak-kakak kelasnya ini saya hadirkan untuk memberikan semangat biar termotivasi,” jelas Imam Jawahir.

            Menurutnya, tahun 2017 dari SMK Antartika 2 Buduran ini anak-anak yang masuk PTN melalui jalur SNMPTN ada sekitar 22 anak. Selain itu juga ada yang melalui jalur SBMPTN, juga adapula yang masuk lewat jalur regular. Dari situ menunjukkan kalau para siswa ini ada kemauan untuk meraih cita-citanya upgreat pengetahuannya dari SMK menuju perguruan tinggi ini semakin hari, juga semakin meningkat. “Jadi harapan sekolah dengan adanya Expo Campus Modern ini, adanya informasi-informasi fresh ini akan membuat anak-anak kelas XII semakin faham. Kalau mereka faham akan bisa menentukan pilihannya yang sesuai,” pungkas Imam Jawahir. as

Komentar