Ratusan Kepala Desa dan Perangkat Desa Antusias Mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Anggota MPR RI Bambang Haryo saat memberikan pemahaman 4 Pilar Kebangsaan kepada warga Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Ratusan Kades dan Perangkat Desa sebagaian yang ada di wilayah Sidoarjo nampak sangat antusias mengikuti Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 45, NKR dan Bhineka Tunggal Ika), yang dilakukan oleh Anggota MPR RI Ir. H. Bambang Haryo S, Jum’at(3/11/2017) sore.

            Usai paparan pembukaan oleh Bambang Haryo yang dilanjutkan pemateri soal 4 Pilar Kebangsaan Prof. Sam Abede Pareno. Pada sesi tanyab itulah ratusan peserta yang terdiri dari para Kades, Sekdes dan perengkat desa terlihat antusias. Mereka bertanya berbagaimacam ragam yang meliputi seputaran 4 Pilar Kebangsaan.

            Bahkan, Kades Pamotan Porong Wiwin, juga bertanya di luar tema, yakni masalah lingkungannya yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah dan Lapindo. Sehingga warganya sering mengalami kebanjiran bila mulai musin hujan. Ada juga Perangkat Desa Bluru Kidul juga menanyakan, mengapa agama selalu diseret-seret kearah politik, serta dimana letak agama dalam 4 Pilar Kebangsaan ini.

        Polisiti Partai Gerindra ini tanpa ragu-ragu menjawab dengan apa adanya, sesuai dengan aturan yang ada. Untuk pembangunan lingkungan, pihak desa juga bisa membangun dengan menggunakan anggaran dari desa. “Karena pihaknya dulu juga pernah mengikuti golnya anggaran desa tersebut waktu pembahasan legislatif. Tidak masalah yang penting digunakan sesuai aturan, transparans,” jelas Bambang Haryo.

      Sebelumnya, Ia juga menegaskan kalau sosialisasi ini dilaksanakan atas perintah undang-undang Nomer 17 tahun 2014 dan Tap MPR Nomer 1 tahun 2014. Jadi sosialisasi ini sangat penting sekali, karena masyarakat harus hanya sekedar tahu tentang Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Tetapi juga harus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan sebenarnya harus juga dimulai dari pemerintah. Jadi pemerintah harus mulai membuat kebijakan yang betul-betul ‘pro’ terhadap empat pilar ini. “Termasuk pemerintah juga harus mensosialisasikan empat pilar ini,” tegasnya.

            Karena kondisinya sampai sekarang ini pemerintah sangat kurang dalam melaksanakan sosialiasi. Kalau hanya MPR saja tidak maksimal, anggarannya juga sangat terbatas. “Makanya pemerintah harus mengutamakan program-program yang menerapkan empat pilar ini dalam kebijakan-kebijakan untuk kepentingan masyarakat. Itulah yang kita harapkan,” harap Bambang Haryo dari Partai Gerindra ini.

            Setelah hal itu dilakukan, campaiannya tentu sesuai dalam sila keadilan bagi seluruh Indonesia bisa terwujud. Tujuannya adalah kita bisa mendapatkan satu masyarakat yang mempunyai karakter yang kuat. “Sehingga kalau kita bermasyarakat mempunyai karakter yang kuat di dalam empat pilar ini, kita tidak bisa diganggu oleh adanya unsur-unsur komunisme atau yang lainnya, termasuk narkoba yang bisa merusak generasi penerus bangsa,” terang Bambang Haryo bersama pemateri Prof. Sam Abede Pareno. as

Komentar