Ratusan Siswa-siswi SD Al Muslim Sidoarjo Terbangkan Balon Cita-cita

Balon cita-cita yang telah diterbangkan menghiasi lapangan SD Al Muslim Waru Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Untuk memotivasi anak didiknya agar mempunyai cita-cita setinggi langit. Dalam MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah), tadi pagi(17/7/2017) ratusan siswa dan siswi SD Al Muslim Waru Sidoarjo telah menerbangkan balon cita-cita di lapangan sekolahnya.

Kepala SD Al Mulslim Umul Jazila menuturkan kalau mereka para siswa diberikan kebebasan untuk menuliskan cita-citanya ketika dewasa nanti, di balon-balon yang telah disediakan. Hasil karya tulis yang sudah jadi diikat pada balon untuk diterbangkan. “Seluruh siswa yang berjumlah 133 anak lebih itu, telah menerbangkan balon cita-citanya secara bersamaan. Sehingga menghiasi langit di atas lapangan sekolah,” tuturnya.

Jadi, MPLS itu dilakukan bukan hanya untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan siswa. Tetapi upaya untuk membuat siswa berani menentukan cita-cita atau keinginannya di masa mendatang. Penerbangan balon cita-cita juga menjadi simbol bahwa siswa bisa memiliki cita-cita setinggi langit. “Selain itu, kegiatan ini untuk lebih mengenalkan siswa kepada lingkungan sekolah,” jelas Bu Ima sapaan akrabnya_red.

Sementara itu, Humas Al Muslim Siti Aminah juga menuturkan kalau hari pertama masuk sekolah akan memberikan pengalaman baru bagi para siswa. Khususnya, siswa TK yang baru pertama mengenal sekolah. Suasana hari pertama sekolah menjadi titik awal apakah si anak bakal suka bersekolah atau tidak. “Oleh Karena itu, suasana masa pengenalan lingkungan sekolah diupayakan menyenangkan siswa, sehingga membuat kerasan siswa di sekolah,” tutur Siti Aminah.

Selain itu, untuk  mewujudkan generasi pemimpin yang rahmatan lil alamin harus dimulai dari usia sejak dini. Maka dari itu, pentingnya dalam kegiatan MPLS disisipkan nilai-nilai leadership dalam setiap kegiatannya. Bahkan selama pelaksanaan MPLS siswa dan siswi SD Al Muslim juga diterapkan nilai-nilai leadership, mulai dari menata dan meletakkan barang-barang pribadi pada tempatnya, memimpin barisan, doa dan shalat, dan berbagai kegiatan leadership lainnya.

Penanaman nilai-nilai kepemimpinan harus ditanamkan sejak dini. “Al Muslim sebagai sekolah sang pemimpin telah berkomitmen, untuk membentuk karakter siswa-siswi sebagai pemimpin. Minimal mampu memimpin dirinya sendiri dengan baik,” jelas Siti Aminah. as

 

Komentar