Ratusan Siswa SMK 10 Nopember Antusias Ikuti Gelar ‘Hai Kampus, Ayo Kerja’

Para siswi SMK 10 Nopember sangat antusias mendengar penjelasan dari universitas. as

Sidoarjo Pos-Usai mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berasik Kemputer), ratusan siswa SMK 10 Nopember, Buduran Sidoarjo sangat antusias mengikuti gelar ‘Hai Kampus, Ayo Kerja’. Kegiatan tersebut merupakan ajang untuk menambah wawasan dan pengetahuan dalam memilih pendidikan kejenjang yang lebih tinggi lagi.

            Siswi SMK 10 Nopember, Fike Normalina mengaku sangat senang dengan kegiatan ini, karena sangat berguna bagi  dirinya dan teman-temannya. Kami bisa mendapatkan wawasan tentang perguruan tinggi lebih luas lagi. “Kami dan teman-teman SMK ini lebih baiknya gimana, kerja atau kulias. Kalau kuliah seperti apa, kalau kerja gimana, bahkan kaliah sambil bekerja itu seperti apa. Semua itu bisa mendapatkan penjelasan dalam gelar ini,” ujar siswi kelas XII Analis I ini.

            Hal yang sama juga dikatakan Azaifana siswi kelas XII Farmasi Kesehatan, mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini, karena kami bisa tahu dari universtas mana saja yang akan bisa saya pilih sesuai kemampuan. “Kami dapat mendapatkan referensi yang cukup bila kuliah nanti. Juga bagaimana nanti kalau ingin kerja sambil kuliah kami juga dapat pengetahuan dalam gelar ini,” katanya.

            Kepala SMK 10 Nopember Sidoarjo Ratih Wulansari, S.Si, M.Pd mengatakan kalau kegiatan ini untuk mengisi kekosongan siswa kelas XII usai melaksanakan Ujian Kompetensi dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Dari pada berkarya wisata keluar kota, kami memilih cara yang berbeda, yakni telah menggelar ‘Hai Kampus, Ayo Kerja’.

            Gelar yang dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo Endang Widiastuti, S.Sos, M.Si tersebut, sangat bermanfaat bagi siswa, karena juga berfungsi untuk menjembatani para siswa-siswa yang ingin meningkatkan belajarnya ke jenjang yang lebih tinggi, atau siswa yang ingin bekerja. “Jadi mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman  di kegiatan ini,” tuturnya di sela-sela gelar ‘Hai Kampus, Ayo Kerja’, Sabtu(7/4/2018).

            Menurutnya, kegiatan ini merupakan moment yang cukup bagus bagi para siswa kelas XII, karena kami telah mengundang beberapa perguruan tingi negeri atau swasta untuk memamerkan program-program unggulannya. Ada sekitar 15 perguruan tinggi, dan stand-standnya juga sudah kami persiapkan.

         Dari gelar ini anak-anak akan bisa memilih sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki. Acaranya juga lebih bagus seperti ini daripada sebelumnya, yang pihak kampus harus masuk-masuk ke ruang kelas secara bergantian, dan waktunya hanya lima menit. “Kalau digelar seperti ini, mereka lebih nyaman, lebih santai dan bisa memilih yang cocok sesuai keinginannya. Jadi model seperti ini lebih efektif, ” pungkas Ratih Wulansari yang memiliki sekitar 450 siswa kelas XII.

         Usai membuka acara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Sidoarjo Endang Widiastuti mengaku sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SMK 10 Nopember Sidoarjo ini. Karena kepala sekolah ini sangat memperhatikan anak-anak didiknya usai menjalankan UNBK. “Program ini bisa mengarahkan anak-anak untuk memilih perguruan tinggi yang tepat baginya, yang sesuai kemampuan dan keahliannya. Sangat luar baisa apa yang telah dilakukan oleh SMK 10 Nopember ini,” jelas Endang Widiastuti. as

Komentar