Robot Ansont SMAMDA Juara Pertama di Science Project Tingkat Nasional

Tim robot ansont sedang memperagakan ciptaannya. as

Sidoarjo Pos-Robot kursi roda karya Siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo yang telah diciptakan secara multifungsi berbasis android, telah berhasil meraih juara pertama dalam lomba  Science Project di Universitas Indonesia, Jakarta.

        Hasil karya yang digarap oleh ketiga siswa kelas 11 SMAMDA Satrio Adi, Shafira dan Luthfiatul itu diberinama ‘Ansont’ yaitu sebuah alat atau kursi roda berbasis android yang sebelumnya dilakukan riset selama sepuluh hari.

         Ditemui di sekolahnya, Rabu(26/10) Shafira menjelaskan kalau ide awalnya android itu hanya digunakan untuk membuka media sosial saja. “Akhirnya kami berinisiatif untuk lebih memaksimalkan adroid bisa berguna dan memudahkan sebuah pekerjaan,” katanya.

        Dalam risetnya, ketiganya melakukan berbagai percobaan dan beberapa kali mengalami kegagalan. Namun karena memiliki keinginan sangat kuat serta tidak patah semangat. Dengan modal Rp 4 hingga Rp 5 juta rupiah bisa merangkai berbagai perangkat seperti aki, dinamo atau penggerak roda, arguino atau otak dari perangkat yang dihubungkan dengan bluetooth android. “Perangkat lain yang digunakan adalah kursi dan papan sebagai tumpuan kursi yang dihubungkan dengan roda,” jelas Shafira.

      Untuk mengoperasikan Ansont ini cukup mudah, dengan memprogram software atau perangkat lunak android, seluruh perangkat akan tersambung dan android bisa digunakan untuk mengendarai kursi yang bisa berjalan sendiri. “Tidak hanya bisa dijalankan dari jarak jauh, kursi ini juga bisa dijadikan sebagai kursi roda dengan berat beban hanya 80 kilogram,” pungkas Shafira.

       Sementara pihak sekolah SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo sendiri cukup puas dengan riset teknologi yang diciptakan anak didiknya, dan untuk mendukung hasil karya siswa-siswinya, pihak sekolah berencana akan mengembangkan Ansont ini dengan perusahaan swasta agar bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam memudahkan pekerjaan sehari-hari.

         Jadi anak-anak tidak sia-sia, hasil karya siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini berhasil menyabet Juara 1 pada lomba Science Project di Univeritas Indonesia Jakarta beberapa waktu lalu, dengan menyisihkan pesaing-pesaingnya dari berbagai kota di Indonesia. “Selanjutnya Ansont ini akan dipromosikan untuk mengikuti lomba teknologi di tingkat yang lebih tinggi,” jelas Kepala Sekolah SMAMDA Wigatiningsih. as

Komentar