RSI Siti Hajar Gerakkan Cuci Tangan, Antisipasi Penularan Penyakit Melalui Tangan

Ibu dan anak-anak sedang memperagakan cuci tangan dengan cairan. as

Sidoarjo Pos – Proses masuknya penyakit kedalam tubuh manusia terbanyak dari tangan. Karena selama ini baik virus maupun kuman yang menempelkan di tangan ternyata diremehkan oleh sebagian masyarakat.

Oleh karena itu, Rumah Sakit Islam Siti Hajar Kabupaten Sidoarjo mengajak, menggerakkan ibu-ibu dan anak untuk rajin melakukan cuci tangan sebelum makan.

Sekitar 260 anak-anak yang didampingi oleh ibunya tersebut, telah melaksanakan gerakan cuci tangan serentak, Minggu (07/08/2016) di halaman RSI Siti Hajar Kabupaten Sidoarjo. Selain itu juga diadakan lomba menggambar ibu dan anak, fashion show ibu dan anak serta gelar musik rebana untuk anak-anak SMP.

Direktur RS Siti Hajar Kabupaten Sidoarjo, dr. H Hidayatullah, Sp. S ditemui di sela-sela melihat lomba menggambar menjelaskan kalau kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2016. Menurutnya, kegiatan Hari Anak Nasional sudah sering dilakukan okeh RS Siti Hajar, namun kali ini dilakukan agak berbeda. “Yaitu berhubungan langsung dengan masyarakat dengan melibatkan ibu dan anak dalam berbagai event,” jelas dr Hidayatullah.

Menurutnya, hampir semua penyakit yang menjangkiti manusia, terutama anak-anak itu akibat kurang bersihnya tangan. Mestinya sebelum makan harus cuci tangan terlebih dahulu. Jadi kegiatan seperti ini merupakan bantuan kuratif dari rumah sakit, kami tidak hanya melakukan tindakan prefentif edukatif tetapi juga memberikan tindakan atau edukasi kepada masyarakat, terutama anak-anak, agar mereka bisa hidup sehat, agar juga bisa mencegah penyakit-penyakit yang menjangkiti anak-anak. “Sehingga akan meningkatkan kualitas hidup sehat untuk generasi kita,” jelas Hidayatullah. as

Komentar