RSUD Sidoarjo Menuju Smart Hospital

Sidoarjo, Berkembangnya teknologi informasi harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Seperti yang dilakukan oleh RSUD Sidoarjo, yakni dengan memiliki satu jargon, ‘RSUD Sidoarjo Menuju Smart Hospital.’ Penggunaan informasi teknologi dalam berbagai layanan, meliputi SantriRS, SIMANIES, In Kam RS dan RMICS.

            Dirut RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan Sp P menuturkan kalau program inovasi ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin maju. Semakin membutuhkan kecepatan dalam pelayanan. Oleh karena itu, dengan maningkatnya kemajuan teknologi informasi  sekarang ini, kami langsung respon dengan cepat.

            Adapun progaram layanan dalam RSUD Menuju Smart Hospital meliputi, SantriRS (SMS antri RS atau registrasi poliklinik rawat jalan melalui SMS yang langsung ke klinik. Sasaranya yang dituju, misalnya tujuan klinik anak, klinik jantung dll. Nantinya server SMS di RS akan langsung menjawab SMS tersebut, untuk memberikan informasi kedatangan pasien.
Yang kedua SIMANIES (Sidoarjo Maternal Neonatal Emergency SMS Gateway), yang merupakan sistem rujukan untuk kegawat daruratan ibu hamil dan bayi, dengan menggunakan SMS sebelum merujuk ke RSUD. “Server SMS Gateway juga akan menjawab bagaimana tatakelola sebelum dirujuk dan menginformasikan ketersediaan bed,” tutur dr Atok Irawan.

            Berikutnya adalah program In Kam RS (Informasi Kamar RS), program ini menginfokan ketersediaan tempat tidur rawat inap. Mana yang terisi dan mana yang masih kosong.Dengan menggunakan IT dapat dimonitor ketersediaan kamar. “Sedangkan yang terakhir adalah REMICS, (Rekam Medik Electronic Paperless), fungsinya untuk rekam medik, rawat jalan dan rawat inap,” pungkas dr Atok Irawan. as

Komentar