RT 20 Desa Kemiri Jadi Pilot Project Tingkat Kecamatan, Pasang 5 CCTV

Inilah kondisi sehari-hari RT 20, terlihat aman dan nyaman. zal

Sidoarjo Pos-Untuk meningkatkan keamanan, agar warganya bisa aman dan nyaman dalam beraktifitas sehari-hari. Walaupun sudah mempunyai tiga petugas keamanan/Satpam, RT 20 Desa Kemiri Kecamatan Sidoarjo memasang 5 titik CCTV (Closed Circuit Television).

            Tidak hanya memiliki keunggulan 5 CCTV, RT 20 juga ‘memamerkan’ lingkungan yang asri dan nyaman.  Adalagi yang baru dan unik, yakni dilarang parkir sembarangan bagi pemilik kendaraan roda empat. Jika mobil terpakir tidak pada tempatnya, bannya akan di ‘digembosi’ oleh pengurus RT.

            “Mobil pribadi harus diparkir di garasi rumah masing-masing atau di fasum. Tata tertib ini sifatnya mengikat bagi warga semuanya. Selain memiliki keunggulan tingkat keamanan seperti di perumahan elit, RT 20 juga mempunyai bank sampah, serapan air untuk budidaya ikan. Serta taman kesehatan di sisi utara dekat sungai,” ujar Sunarto Ketua RT 20, saat melakukan pemaparan wilayahnya di depan tim penilai dari Lomba Inovasi Peduli Tetangga yang diselenggarakan oleh Polresta Sidoarjo.

            Tim juri dibawah pimpinan ketua tim AKP Djuned, Wakasat Binmas Polresta Sidoarjo. Beserta empat orang anggota Polresta, serta dua orang dari Dinkes dan anggota Pol PP Kabupaten Sidoarjo. Diajak  keliling oleh pengurus RT 20 Desa Kemiri, untuk melihat dan menilai bagaimana kondisi di lapangan yang sebenarnya setelah mendengar pemaparan dari Pak RT.

            Gerakan peduli tetangga yang dimulai dari tingkat RT ini sangat penting dan harus digalakkan, guna tercapainya masyarakat aman, kondusif dan terkendali, serta selalu bergandeng tangan dengan tetangga, sehingga komunikasi antar warga terjalin baik. Jika ada permasalahan dapat disampaikan dan diselesaikan secara bersama-sama. “Dengan adanya hubungan tetangga yang baik, permasalahan itu dapat segera diatasi,” tegas AKP Djuned.

            Sementara itu dipilihnya RT 20, menurut Kepala Desa Kemiri Novi Ari Wibowo karena pernah juara satu dalam Karnaval tahun 2016 tingkat Desa. Selain itu memang sudah kenyataanya di wilayah RT 20 ini menjadi pilot project keamanan di tingkat Kecamatan Sidoarjo, karena memiliki banyak keunggulan yakni CCTV, yang sudah berjalan selama setahun yang lalu.

            Untuk permasalahan program peduli tetangga karena kita anggap representative. Secara keamanan one gate system, malam hari security tidak ada di dalam, tapi jaga di luar. Serta penataan pemilik kendaraan yang ada di wilayah ini harus masuk garasi atau fasilitas umum. “Kalau parkir sembarangan hukumanya ban di ‘kences’ oleh pengurus RT yang ada di wilayah ini,” ujarnya.

            Masih menurut Kades, keunggulan-keunggulan ini diharapkan juga diikuti oleh wilayah 24 RT dan 6 RW. Diharapkan selalu ada inovasi dari stakeholder yang ada di wilayah Desa Kemiri. “Sehingga keunggulan apa yang sudah ada di desa semua bisa dirangkum jadi satu dalam frame Desa Kemiri yang lebih baik,” harap Novi Ari Wibowo.zal.as

Komentar