School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo Lakukan Pengamatan Gerhana Bulan

Para siswa SMP/SMA Pembangunan Jaya 2 saat melakukan peneropongan gerhana bulan. as

Sidoarjo Pos-Fenomena alam, gerhana bulan yang terjadi pada 17/7/2019 malam tidak disia-siakan oleh para siswa SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo. Mereka melakukan pengamatan, melakukan peneropongan agar bisa mengerti proses berjalannya gerhana bulan tersebut.

Kepala School Science Center Sekolah Pembangunan Jaya (SSC SPJ) 2 Sidoarjo Eulis Inalandiyawati mengatakan, mengapa kami perlu menyelenggarakan kegiatan peneropongan gerhana bulan di sekolah. Karena bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa SMP dan SMA PJ 2 tentang alam semesta.

Manusia memang tinggal di Bumi dan mungkin sebagian dari mereka hanya melihat tentang fenomena alam saja, tetapi yang kami inginkan dari siswa SPJ yaitu mengerti tidak hanya kondisi alam di Bumi saja melainkan kondisi alam semesta ini mulai dari tampaknya bulan, matahari, bintang beserta gugusannya, galaksi, dan fenomena langit yang ditimbulkan oleh benda langit/luar angkasa.

Sehingga hal itu yang mendasari kami untuk menyelenggarakan kegiatan peneropongan saat fenomena langit itu terjadi. “Kami tidak ingin melewatkan moment yang baik itu untuk tujuan yang baik. Peneropongan gerhana bulan sebagian ini menjadi kegiatan peneropongan gerhana bulan yang ke-4 di dua tahun terahir ini,” tutur Eulis, tadi pagi (17/7/2019).

Jadi pengamatan gerhana bulan ini diselenggarakan oleh SSC SJP 2 di Rooftop SMA Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, dan kami namakan ‘Science Camp’ yang diselenggarakan menyesuaikan fenomena langit, yang bisa dilihat di Indonesia. Pada Science camp kali ini, kami mengamati gerhana bulan sebagian yang terjadi pada pukul 03.00 dini hari. “Dikatakan gerhana bulan sebagian, karena hanya sebagian piringan bulan yang masuk dalam umbra Bumi, dan sebagian lagi berada di area penumbra,” katanya. as

Komentar