Sidoarjo Gelar Kontes dan Festival Ternak Qurban yang Berkualitas

Gus Ipul, Cak Nur dan Gus Wawan ketika memperhatikan sapi-sapi yang ikut festival. as

Sidoarjo Pos-Moment jelang Hari Raya Idhul Adha/Idhul Qurban dimanfaatkan oleh para warga untuk menjual ternaknya yang sehat dan berkualitas. Yaitu melalui Kontes dan Festival Ternak Qurban yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

         Program kontes yang dilakukan di Pasar Induk Modern Agrobis Puspa Agro Jemundo Taman Sidoarjo, Selasa, (6/9/2016) dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin SH, dihadiri pula oleh Ketua DPRD Sidoarjo Sulamul Hadi Nurmawan dan Kapolres Sidoarjo AKBP Muh Nasir Anwar serta jajaran dari Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Sidoarjo.

            Ada 59 ekor sapi serta 89 ekor kambing maupun domba yang ikut dalam kegiatan tahunan tersebut. Hewan dari peternak di 18 kecamatan dilakukan penilaian untuk menentukan pemenangnya. Penilaian dilakukan oleh juri dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya serta dari Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang dan dari  Dinas  Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Sidoarjo.

            Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan ada pekerjaan rumah yang diberikan Presiden R I kepada Propinsi Jawa Timur, yaitu masalah ketahanan pangan nasional. Karena Presiden berharap Propinsi Jawa Timur menjadi salah satu propinsi yang berkontribusi terhadap hal tersebut.

            Ia mengatakan Propinsi Jawa Timur memiliki pasokan sapi ternak yang cukup besar. Sekitar 30% pasokan sapi dari Jawa Timur untuk memenuhi kebutuhan nasional. “Jadi bisa dikatakan Propinsi Jawa Timur adalah propinsi peternak disamping propinsi pertanian atau propinsi agro, “ jelas Gus Ipul.

          Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin juga berharap kegiatan tersebut dapat memacu para peternak, untuk mandiri dan tangguh sebagai pelaku usaha di bidang peternakan. “Dengan demikian akan diperoleh hewan ternak yang sehat dan berkualitas. Kepada instansi terkait untuk selalu melakukan pendampingan kepada para peternak, supaya populasi hewan ternak yang berkualitas dapat terus terjaga,” pinta Cak Nur. as

Komentar