Sidoarjo Kerjasama Dengan CEIL Mengolah Sampah Menjadi Energi Listrik

Mr Tony Xu, Deputy General Manager International Busines Departement CEIL menjelaskan skema pengolahan sampah kepada Bupati Saiful Ilah. as

Sidoarjo Pos-Sulitnya mengatasi permasalahan sampah, Pemkab Sidoarjo akan melakukan kerjasama dengan China Everbright International Limited (CEIL) untuk pengolahan sampah, hingga menjadi energi. Langkah awal kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Join Statement antara Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dengan General Manager of Strategy Development Department CEIL, Mr Song Jian di Kantor Pusat Everbright International di Shenzhen China, Rabu, kemarin (7/9/2016).

Kabag Kerjasama Sekretariat Pemkab Sidoarjo Ari Suryono yang melaporkan langsung dari lokasi menjelaskan, Dalam penandatanganan ini juga dihadiri oleh CEO China Everbright, Mr Chen Xiaoping dan sejumlah pejabat terkait dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. “Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Sidoarjo. Apalagi, pengelolaan sampah yang dirubah menjadi energi ini juga ramah lingkungan,” katanya.

Selain penandatanganan Joint Statement, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama rombongan yang diundang ke Shenzen diajak untuk melihat proses pengolahan sampah, hingga menjadi energi. “Saya berharap kedepan pengelolaan sampah di Sidoarjo menjadi lebih maju, menggunakan teknologi seperti yang sudah diterapkan di beberapa kota di China,” ujar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah.

Bupati Saiful Ilah juga menambahkan, bahwa pertumbuhan penduduk yang cepat di Sidoarjo menuntut penanganan sampah dengan serius. Nantinya, Everbright akan mengirimkan tim untuk menyusun Feasibility Study (FS) dalam menentukan lokasi.

Untuk pengolahan sampah ini, dibutuhkan lahan minimal 8 hektar. Sedangkan Pemkab, saat ini sudah punya lahan seluas 16 hektar di Kebonagung, Porong dan juga bisa digunakan lahan di TPA Jabon. “Kita sudah punya lahan yang bisa digunakan untuk pengolahan sampah,” tegas Saiful Ilah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo, Bahrul Amig mengatakan pengelolaan sampah sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat, wujudkan Indonesia bebas sampah 2020. Pemkab berkomitmen untuk mewujudkan pengolahan sampah sesuai yang diamanatkan Permen ESDM. “Melalui kerjasama dengan Everbright Corporate potensi sampah Sidoarjo sekitar 1 juta kg per hari bisa diolah menjadi energy listrik,” katanya. as

Komentar