Sidoarjo Pamerkan Potensi Kota Melalui Pameran Lukisan di Kota Jinan China

Bupati Saiful Ilah dan Wakil Walikota Jinan, Mr. Zang Haibo usai melihat lukisan Sidoarjo yang dipamerkan dalam CCCCS 2016. as

Sidoarjo Pos-Lima lukisan landscape Kota Sidoarjo menjadi perhatian peserta CCCCS (Connectivity Confucianism Cooperation City of Springs) 2016 Jinan International Culture Week, mulai 4 sampai 7 September 2016 di Jinan.

         Lukisan tersebut menarik perhatian pengunjung karena merupakan potret budaya Kota Delta. Dalam Modern City of Springsand Photo Exhibition di Kota Jinan, China, juga diikuti oleh qnegara. Jinan Spring Festival merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kota Jinan.

            Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo Ari Suryono melaporkan dari lokasi pameran, bahwa tahun 2016 tema kegiatan difokuskan pada isu perkotaan dan lingkungan, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat hubungan kerjasama dengan kota kembar, dan mempromosikan pembangunan sosial dan ekonomi Kota Jinan kepada kota kembarnya (sister city).

          Sedangkan lima lukisan yang dipamerkan, diantaranya lukisan Kota Lama Gajahmada, Kampung Batik Jetis, Candi Pari, kawasan Pasar Ikan. “Lukisan itu merupakan hasil karya Barlian Arditto, pelukis asal Deltasari, Sidoarjo,” jelas Ari Suryono.

           Saat pameran lukisan, Vice Major Goverment Jinan, Mr. Zhang Haibo, bersama Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dan perwakilan negara lain melihat pameran lukisan. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah lima lukisan landscape Kota Sidoarjo.

         Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang memimpin rombongan mengatakan, kegiatan ini bukan hanya kerjasama bidang budaya kota-kota yang tergabung dalam sister city. Namun, lebih dari itu ada pembicaraan kerjasama untuk pembangunan Sidoarjo.

       Dalam pembangunan sosial dan budaya, selama ini antara Sidoarjo dan pemerintah Kota Jinan sudah ada beberapa kerjasama. Diantaranya, Pemkab Sidoarjo mengirimkan mahasiswa mendapat beasiswa kuliah di Jinan. Adapula taman persahabatan Jinan-Sidoarjo di Sidoarjo, dan kegiatan lainnya “Kita gunakan sebaik-baiknya kegiatan ini untuk kerjasama dengan Jinan dan kota lain peserta Sister City,” ujar Saiful Ilah.

      Sedangkan untuk pembangunan kota, dalam kegiatan Sister City ini ada banyak pembahasan. Terutama bagaimana membangun kota sesuai budaya dan geografis masing-masing kota. Termasuk bagaimana cara menjaga mata air. Delegasi dari 16 negara juga diajak untuk melihat sumber air di Kota Jinan. Di Kota ini, meski industri terus tumbuh, namun mata air tetap terjaga. “Ada sekitar 28 mata air, salah satu yang terbesar adalah Baotu Spring. Selain untuk sumber air minum, juga menjadi tempat wisata yang menarik,” jelasnya.

          Delegasi Kabupaten Sidoarjo dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Sidoarjo didampingi oleh Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Sidoarjo, Ahmad Zaini, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sidoarjo, Siswojo, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo, Bahrul Amiq, dan Kepala Bagian Kerjasama Setda Kabupaten Sidoarjo, Ari Suryono. as

Komentar