Silaturrahmi Siswa SMP IT Inka ke Veteran Dapat Respon Bagus Dari Keluarga Pejuang

Tokoh pejuang Imam Yahya masih semangat menceritakan kisah perjuangannya kepada siswa SMP IT Inka Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Ingin mengenal perjalanan sejarah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia lebih jelas. Bertepatan dengan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, pada 17 Agustus 2018. Siswa SMP Islam Terpadu Insan Kamil (SMP IT Inka) Sidoarjo bersilaturrahmi langsung kepada para pelaku sejarah, pejuang/veteran.

Ada beberapa tokoh pejuang/veteran yang dikunjungi para siswa usai melakukan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 73, yakni Yasin warga Panjunan, Sidoarjo dan Mansur warga Desa Kedungkendo dan H. Imam Yahya warga Desa Wedoro Klurak, Candi, Sidoarjo. Program yang dilakukan SMP IT Inka Sidoarjo mendapat apresiasi dan respon bagus dari keluarga pejuang-pejuang tersebut.

Kepala SMP IT Inka Sidoaro, Ani Qothul Uhbah menuturkan kalau kegiatan anak-anak bersilaturrahmi kepada para tokoh pejuang itu bertujuan untuk memunculkan jiwa nasionalisme para siswa. Agar para anak-anak kami bisa mengenal sejarah perjuangan Kemerdekaan RI lebih jelas. Pada umumnya anak-anak mengenal sejarah hanya dari baca buku, para Veteran diundang dalam suatu acara, tetapi kali ini lain. “Mereka para tokoh pejuang yang harus kita hormati, kita hargai. Makanya yang harus bersilaturrahmi itu harus anak-anak, bukan sebaliknya,” tuturnya.

Jadi anak-anak biar mendengar langsung ceritanya dari pelaku sejarah. Harapan kami yang bisa dilakukan dalam tiga tahap, yaitu menanamkan, menumbuh kembangkan dan memantapkan. “Yang paling penting, kegiatan ini sangat didukung oleh wali murid, utamanya wali murid kami yang berprofesi sebagai TNI Angkatan Laut, Letkol Laut (KH) Drs. Ambar Kristiyanto, M.Si sehari-hari bertugas di Kodiklatal Surabaya (Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI-AL,” pungkas Ani Qothul Uhbah.

Terpisah, suasana silaturahhami siswa SMP IT Inka di rumah Letda H. Imam Yahya (89 thn) pahlawan pejungan 45 nampak senang dan bangga sekali serta mangharukan. Terutama bagi kelaurga dan putra-putri Imam Yahya yang mendapatkan Bintang Gerilya. “Kami sangat senang dan bangga, program berkunjung ke rumah pahlawan itu sangat bagus sekali. Idenya sangat bagus sekali, baru pertama kali ini ada program seperti ini. Biasanya bapak selalu diundang, tapi kali ini siswa yang bersilaturrahmi. Saya sangat mendukung sekali dan semoga bermanfaat,” ungkap putri bungsu Imam Yahya, Enny Wahyuningsih.

Usai mendapat cerita, kisah perjuangan seorang pahlawan. Siswa SMP IT Inka juga sangat merasa senang mendapat cerita yang sangat inspiratif. “Sangat senang dengan kegiatan berkunjung ke veteran-veteran di Sidoarjo ini. Jadi tahu cerita perjuangan para pahlawan langsung dari pelakunya,” ungka Iqbal Albani siswa kelas IX-2. as

Komentar