Siswa Al Muslim Lakukan Safari Sosial ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Sidoarjo Pos-Demi menerapkan aspek leadership, terutamaterhadap akhlak anak-anak pelajar yang meliputi care, share, dan trust. Para siswa-siswi Al Muslim mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA melakukan kegiatan safari sosial. Mereka mengunjungi YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) Jawa Timur.

      Rombongan kunjungan(2/2/2018) tadi pagi dipimpin Wiwik Nur Hidayah, S.Pdi diterima langsung olehPengurus YKAKI Jatim Nisa. Dalam sambutannya, Wiwik Nur Hidayah mengatakan kalau kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Namun terus berkesinambungan serta dapat membantu menyemangati semua anak-anak yang ada di YKAKI Jatim.

 Kami melakukan kegiatan ini dalam rangka menyambut hari kanker sedunia. Jadi, pelajar Al Muslim ikut berpartisipasi dalam berbagi dan peduli terhadap penderita kanker dengan mengusung tema dari WHO: World Cancer Day, We Can I Can, Love, Inspire, Work Together. “Sebenarnya, para penderita kanker tidaklah sendiri, masih banyak orang yang peduli dan menyayangibersama mereka,” katanya.

Ketua gugus Leadership Al Muslim, Wiji Agustin menguatkan bahwa program safari sosial bertujuan untuk mengaplikasikan bentuk sikap berbagi dan peduli terhadap sesama. Program safari sosial ini diadakan secara rutin setiap 3 bulan sekali, sebagai tindak lanjut dari program infaq Jumat siswa mulai KB, TK, SD, SMP dan SMA Al Muslim. “Pada kesempatan ini para pelajar Al Muslim memberikan semangat, motivasi, hiburan, santunan, dan parsel makanan sehat.Serta sebagai tindaklanjut penyaluran uang infaq siswa setiap Jumat,“ ujarnya.

Pengurus YKAKI Jatim, Nisa merasa sangat senang sekali, dan bangga terhadap kepedulian para pelajar SD, SMP, dan SMA Al Muslim. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada para pelajar untuk senantiasa mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, menghindari makanan yang mengandung zat adiktif yang dapat memicu sel kanker.

Kondisinya di sini ada sekitar 25 orang anak yang tinggal di YKAKI Jatim, mulai usia batita, balita sampai remaja. Mereka mengidap penyakit kronis, ada yang menderita kanker mata (rabdomiosarkoma), kanker darah, kanker otak, tumor pembuluh darah, kanker tulang dan sebagainya. Jadi, mereka difasilitasi tempat tinggal dan makan sehari-hari selama mereka menjalani kemoterapi oleh YKAKI Jatim. “Namun, untuk biaya kemoterapi/pengobatan mereka menggunakan uang pribadi dan uluran donatur. Termasuk mendapatkan fasilitas sekolah di YKAKI Jatim. Kami berharap ada donatur-donatur yang dapat membantu dengan tulus,” harap Nisa.

Sementara itu, Humas Al Muslim Siti Aminah juga menjelaskan kalau masyarakat sekarang ini tidak banyak yang mengetahui, bahwa hari kanker sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari. Oleh karena itu, dalam menyambut hari kanker sedunia rombongan pelajar Al Muslim yang terdiri dari  ekskul Little Eco Doctor Club dan Kids Leader, OSIS SMP dan SMA dengan riang gembira menuju YKAKI Jawa Timur. “Rombongan pelajar Al Muslimkali ini naik angkot, tidak naik mobil sekolah. “Hal ini sengaja dilakukan bertujuan melatihsikap sosial menyatu dengan masyarakat, solidaritas dan tanggung jawab,” jelas Siti Aminah.

Kondisi lokasi, para siswa Al Muslim berinteraksi langsung, membaur dan berkolaborasi dengan anak-anak penderita kanker menyanyi bersama, suasana menjadi ceria dan riang gembira. Mereka semua dapat tertawa lepas, walaupun mereka setiap hari harus merasakan kesakitan.  Suasana menjadi haru, ketika Agus Salim selaku ketua Gugus PAI AlMuslim memimpin doa dengan harapan semoga anak-anak penderita kanker, orangtua dari anak-anak penderita kanker, semuanya senantiasa diberi kesehatan, diberi kekuatan dan kesabaran serta segera diberi kesembuhan, bersyukur adalah obat terampuh yang dapat menenangkan jiwa. “Kegiatan ini adalah menerapkan aspek leadership terutama akhlak, yaitu care, share, dan trust yang dikemas dalam kegiatan safari sosial serta sebagai tindak lanjut penyaluran uang infaq siswa setiap Jumat,” Ujar Ummul Jazilah kepala SD Al Muslim. as

Komentar